PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisis Penerapan Metode Collaborative Learning pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan

Fitriyah - Nama Orang;

Kata Kunci: Metode Collaborative Learning, Pembelajaran IPS
Pada setiap pembelajaran, guru harus bisa memilih metode yang tepat sesuai
dengan materi pembelajaran, seperti dengan menerapkan metode pembelajaran
collaborative learning pada pembelajaran IPS. Berdasarkan obeservasi yang ada
dilapangan, guru IPS kelas VIII di SMP Miftahul telah menerapkan metode
collaborative learning pada pembelajaran IPS saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui proses penerapan metode
collaborative learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah
Kadur Pamekasan; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung Falah Kadur
Pamekasan dan penghambat dalam penerapan metode collaborative learning pada
pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan; (2) Untuk
mengetahui manfaat dari penerapan metode collaborative learning pada
pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah guru IPS kelas VIII dan siswa. Analisis data
yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan metode
collaborative learning pada pembelajaran IPS di kelas diterapkan dengan cara
membentuk kelompok. Siswa berdiskusi sesama teman kelompoknya, dengan
demikian memudahkan siswa memahami pembelajaran, sehingga penerapan
metode ini lebih efektif karena siswa bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran;
(2) Faktor pendukung dalam penggunaan metode collaborative learning pada
pembelajaran IPS yaitu, tersedianya sarana prasarana pembelajaran di sekolah
seperti proyektor dan tersedianya perpustakaan sekolah. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu, kurangnya minat belajar siswa; (3) Manfaat dari penerapan
metode collaborative learning pada pembelajaran yaitu; (a) meningkatkan
keaktifan belajar siswa karena system pembelajarannya secara berkelompok
sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran, (b)
memperlancar informasi, (c) memperluas wawasan siswa, serta menanamkan
kerjasama dan toleransi terhadap pendapat orang lain. Hal ini memberikan banyak
keuntungan bagi guru maupun siswa


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021032 FIT A
182021032
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021032 FIT A
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
ix+64, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021032
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
032
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?