PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru IPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan Pamekasan

ALFIYATUL BADRIYAH - Nama Orang;

Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab
Berhasil atau gagalnya hasil belajar itu sangat tergantung pada proses belajar yang
dialami siswa, ketika siswa berada di sekolah tentunya dalam proses pembelajaran terdapat
kesulitan tersendiri yang dialami oleh para siswa. Oleh karena itu harus ada upaya yang
dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS
yang terkesan membosankan. Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa
dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan
tingkah laku seseorang.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar
siswa melalui metode tanya jawab di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan
Pamekasan; (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran IPS dalam
menggunakan metode tanya jawab di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Informannya
adalah kepala sekolah, Guru IPS, siswa dan yang bersifat non manusia seperti RPP, dan
dokumen-dokumen yang terkait. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil
belajar menggunakan metode tanya jawab adalah mengidentifikasi siswa yang mengalami
kesulitan belajar dengan cara melihat dokumentasi dari hasil belajar siswa misalnya nilai
harian, dan juga guru memberikan perhatian khusus pada siswa, serta guru harus sering
mengulang-ulang materi yang telah disampaikan untuk menambah pemahaman siswa agar
dapat meningkatkan hasil belajar. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran
IPS dalam menggunakan metode tanya jawab adalah; faktor pendukung: kemampuan guru
mengelola pembelajaran, sarana prasarana, media pembelajaran dan motivasi siswa.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah: dari siswa itu sendiri yang memiliki kemampuan
yang berbeda, kurangnya waktu dalam pembelajaran, siswa yang merasa minder sehingga
kurang bisa aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sering terjadi penyimpanganpenyimpangan seperti pembicaraan yang keluar dari materi pokok pembahasan saat
berlangsungnya proses tanya jawab.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021019 ALF U
182021019
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021019 ALF U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
Xii+72, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
019
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?