PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

, Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Dalam Menurunkan NPL (Non Performing Loan) Di KSPPS BMT Nuansa Ummat (NU) Kadur

RHENY DWI ANGGRAINI - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi Penyelesaian, Pembiayaan Bermasalah, NPL (Non
Performing Loan)
KSPPS BMT NU Kadur dalam menerapkan strategi penyelesaian
pembiayaan bermasalah untuk menurunkan NPL dilakukan dengan beberapa cara,
salah satunya dengan melakukan penagihan secara rutin kepada nasabah dengan
memberikan tenggat waktu, apabila dalam tenggat waktu yang sudah diberikan
tetapi nasabah masih belum bisa menyelesaikan kewajibannya, maka KSPPS BMT
NU Kadur akan melakukan negosiasi dengan nasabah, memberikan solusi salah
satunya dengan cara memberikan stimulus/relaksasi untuk memberikan
kelonggaran atau keringanan kepada nasabah dan bertujuan agar tidak terjadi Non
Performing Loan (NPL) secara massif yang pada akhirnya akan berdampak
sistematik pada kesehatan perbankan itu sendiri. Dalam hal ini kemudahan yang
diberikan oleh pihak KSPPS BMT NU Kadur dalam mendukung relaksasi
pembiayaan terhadap nasabah ini salah satunya dengan restrukturisasi pembiayaan
(penyelamatan pembiayaan) melalui rescheduling (penjadwalan kembali) yaitu
dengan cara menambah jangka waktu angsuran tanpa manambah jumlah
angsurannya.
Penelitian ini memfokuskan pada apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya
pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat
(NU) Kadur?, Bagaimana penyelesaian dari faktor-faktor penyebab terjadinya
pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat
(NU) Kadur?, dan Bagaimana implementasi dalam penyelesaian pembiayaan
bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat (NU)
Kadur?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang apa saja
faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada produk
pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat (NU) Kadur, untuk mengetahui
tentang bagaimana penyelesaian dari faktor-faktor terjadinya pembiayaan
bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat (NU) Kadur,
dan untuk mengetahui tentang implementasi dalam penyelesaian pembiayaan
bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat (NU) Kadur.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa
wawancara kepada pihak yang bersangkutan, observasi dan dokumentasi, dengan
informan kepala cabang, bagian pembiayaan, bagian pembiayaan lasisma, dan
nasabah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber
dan triangulasi tekhnik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Penyelesaian Pembiayaan
Bermasalah Dalam Menurunkan NPL (Non Performing Loan) Di KSPPS BMT
Nuansa Ummat (NU) Kadur Pertama, faktor-faktor penyebab terjadinya
pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat
vi
(NU) Kadur yaitu disebabkan oleh dua faktor, faktor internal yang disebkan oleh
pihak BMT sendiri dan faktor eksternal yang disebabkan oleh pihak luar atau
nasabah. Kedua, penyelesaian dari faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan
bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Nuansa Ummat (NU) Kadur,
dilakukan dengan melakukan survey dan monitoring ke rumah dan tempat usaha
nasabah, dan memberikan suatu solusi berupa produk tabungan untuk memudahkan
nasabah yang kesulitan untuk membayar kewajibannya. Ketiga, hasil implementasi
dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan di KSPPS
BMT Nuansa Ummat (NU) Kadur, dilakukan dengan pihak KSPPS BMT NU
Kadur akan memberikan stimulus/relaksasi untuk memberikan kelonggaran atau
keringanan kepada nasabah, Kemudahan yang diberikan dalam mendukung
relaksasi pembiayaan terhadap nasabah ini salah satunya dengan restrukturisasi
pembiayaan (penyelamatan pembiayaan) melalui rescheduling (penjadwalan
kembali) yaitu dengan cara menambah jangka waktu angsuran tanpa manambah
jumlah angsurannya


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 312021116 RHE S
312021116
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312021116 RHE S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiv+89 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
312021116
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
STRATEGI
SKRIPSI PBS 2021
Info Detail Spesifik
116
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?