PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Pemasaran Produk Gadai (Rahn) dalam Upaya Menarik Minat Anggota BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan

NURUN NAJWAH - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi pemasaran, Produk gadai, Minat anggota

Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu untuk mencapai misi dan tujuan dari organisasi. BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan menerapkan berbagai macam produk pembiayaan yang salah satunya adalah produk Rahn (Gadai). Dengan adanya produk pembiayaan, maka diperlukan sebuah cara agar bisa menarik minat calon anggota, salah satunya dengan cara strategi pemasaran. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui tentang strategi pemasaran (Segmenting, Targetting, Positioning) pada produk gadai syari’ah di pegadaian syari’ah BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan. Kedua, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) pada strategi pemasaran dalam upaya menarik minat nasabah pada BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan Kepala Cabang, Bagian pembiayaan dan juga anggota BMT NU Cabang Pakong Pamekasan. Dengan tekhnik pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran produk gadai (rahn) yang dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan adalah dengan menggunakan 3 elemen sebagai berikut: a) Segmentasi pemasaran produk gadai (rahn) yang dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan adalah dengan menggunakan 4 elemen yaitu geografis, demografis, psikografis, dan tingkah laku. b) Dalam penetapan target pasar yaitu menggunakan strategi tidak terkonsentrasi. Yaitu masyarakat kalangan menengah ke atas maupun kalangan menengah ke bawah. c) Positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah dengan berlandaskan hukum-hukum Islam. Kedua, berdasarkan analisis SWOT pada strategi pemasaran produk rahn dapat diketahui: a) Kekuatan dari strategi pemasaran produk gadai (rahn) di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan yaitu terletak di Brand Image dan Ujroh yang relatif murah. b) Kelemahan yaitu terdapat peraturan yang membatasi jumlah pembiayaan dan waktu pembiayaan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan dana yang cukup besar. c) Peluang yaitu banyaknya masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan dana. d) Ancaman dalam melakukan strategi pemasaran produk gadai (rahn) di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan yaitu disebabkan karena adanya kompetitor yang masuk mendahui BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 312021106 NUR S
312021106
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312021106 NUR S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiii+86 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
312021106
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Strategi pemasaran
SKRIPSI PBS 2021
Info Detail Spesifik
106
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?