PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK CLIENT CENTER DALAM MEMBANTU MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMK ANNASYIIN GRUJUGAN

HENDRA WAHYUDI - Nama Orang;

Kata Kunci: Konseling Individual, Game Online, Client Center.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kecanduan game online. Game online merupakan jenis situs yang menyediakan berbagai jenis permainan yang dapat melibatkan beberapa orang pengguna internet diberbagai tempat yang berbeda untuk saling terhubung diwaktu yang sama. Maka dari itu pelaksanaan konseling individual dengan teknik client centered dalam membantu mengurangi kecanduan game online sangat dibutuhkan. Adapun dua fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Apa pemicu bermain game online pada siswa di SMK Annasyiin Grujugan?. 2) Bagaimana peran guru BK dalam pelaksanaan konseling individual dengan teknik Client Center dalam membantu mengurangi kecanduan game online di SMK Annasyiin Grujugan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan megambil latar belakang di SMK Annasyiin Grujugan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data yaitu wawancara tidak terstuktur, observasi non partisipasif dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conlusion drawing/verifying). Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data penelitian melakukannya berdasarkan perpanjangan keikutsetaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa temuan pelaksanaan konseling individual dengan teknik client center dalam membantu mengurangi kecanduan game online di SMK Annasyiin Grujugan. 1). Pemicu main game online pada siswa di SMK Annasyiin dipicu oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pemicu dari faktor internal disebabkan oleh dorongan dalam diri siswa untuk bermain game online, rasa jenuh/bosan, dan kurangnya self control atau kontrol diri dalam diri siswa. Pemicu dari faktor eksternal disebabkan oleh lingkungan yang kurang terkontrol, kurang memiliki hubungan sosial yang baik, dan kurangnya perhatian dari orang terdekat. 2). Peran Guru BK dalam Pelaksanaan Konseling Individual dengan Teknik Client Center dalam Membantu Mengurangi Kecanduan Game online di SMK Annasyiin Grujugan diantaranya menerapkan semua layanan sesuai dengan kebutuhan siswa termasuk layanan konseling individual dengan teknik client center, adanya kerja sama antar sesama guru dan instansi lain.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 192021022 HEN P
192021022
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192021022 HEN P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
vii+75 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI BKPI 2021
TEKNIK BIMBINGAN KONSELING
Info Detail Spesifik
022
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?