PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DI DI RA ASY-SYUHADA' PAMEKASAN

FATIMATUL ANWARAH - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Outdoor, Minat Belajar, Anak Usia Dini Strategi yaitu suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan mencakup tujuan kegiatan, siapa yang terlibat dalam kegiatan, isi kegiatan, proses kegiatan, dan sarana penunjang suatu kegiatan. Keterlibatan guru sangat penting dalam proses belajar mengajar agar guru dapat mengetahui seberapa besar pemahaman peserta didik terhadap pelajaran yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana strategi yang di gunakan guru untuk pembelajaran outdoor dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan?. Kedua, apa saja manfaat dari pembelajaran outdoor dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan?. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat untuk pembelajaran outdoor dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan tekhnik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan peneliti, dan triangulasi. Setelah peneliti melakukan penelitian di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan dapat disimpulkan bahwa Pertama, strategi yang digunakan guru untuk pembelajaran outdoor dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan yaitu menggunakan strategi pembelajaran kelompok, salah satu kegiatannya yaitu dengan kegiatan menanam pohon terong dan permainan hulahoop, setiap kelompok terdiri dari empat sampai lima orang, sedangkan metode yang di gunakan guru yaitu metode bercerita, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode eksperimen dan metode penugasan. Kedua, manfaat untuk strategi pembelajaran outdoor dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan antara lain sebagian besar anak lebih antusias dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, sebagian besar anak lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru, sebagian besar anak merasa nyaman dan senang mengikuti pembelajaran (anak tidak mudah bosan), sebagian besar anak dapat bereksplorasi, dan sebagian besar anak dapat bereksperimen. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat untuk strategi pembelajaran outdoor dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di RA Asy-Syuhada’ Pamekasan antara lain untuk faktor pendukungnya yaitu anak dapat melihat hal-hal yang ada di lingkungan sekitarnya, faktor lingkungan(halaman yang luas, bersih dan rindang), faktor alam/cuaca, dan faktor fisik/kondisi tubuh. Adapun faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai serta sebagian kecil peserta didik yang tidak fokus pada pembelajaran dan lebih asyik main sendiri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 162020041 FAT S
162020041
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162020041
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
xi+93 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162020041
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PIAUD 2020
Info Detail Spesifik
041
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?