PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PERSEPSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP WANITA BERPENDIDIKAN TINGGI DI DESA RABASAN KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG

AKHMAD MUSTOFA - Nama Orang;

Kata Kunci :Persepsi Sosial Masyarakat, Wanita Berpendidikan Tinggi

Pendidikan merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh seluruh bagian masyarakat Indonesia sehingga tercipta generasi yang militan terhadap adanya pendidikan di Indonesia yang akan memperjuangkan pendidikan Indonesia di masa yang akan dating, namun nyatanya pendidikan di Indonesia masih belum merata dan belum bisa diakses oleh seluruh masyarakat dikarenakan oleh beberapa faktor yang menjadi penghalang bagi masyarakat masyarakat. Faktor ekonomi, kekhawatiran orang tua, dan pola fikir kuno mengenai pendidikan yang menjadi penyebab pendidikan tidak teralu dipercayai oleh masyarakat desa Rabasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pandangan masyarakat terhadap wanita berpendidikan tinggi dengan menentukan tiga permasalahan sebagai kajian utama, yaitu : 1) Bagaimana persepsi sosial masyarakat terhadap wanita berpendidikan tinggi di desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang; 2) Bagaimana pentingnya pendidikan bagi wanita di desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang; 3) Bagaimana persepsi tokoh masyarakat dan tokoh agama tentang wanita berpendidikan desa Rabasan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis.Sumber data didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.Informannya adalah kepala desa, dan anggota masyarakat desa Rabasan.Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi sosial masyarakat terhadap wanita berpendidikan tinggi di desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang dinilai beragam adapositif dan negative: positif yaitu masyarakat memiliki kesadaran terhadap pendidikan dan tentu menyambut baik jika ada perempuan desa melanjutkan pada pendidika n pada jenjang yang lebih tinggi. Dan persepsi negative yaitu pola fikir masyarakat yang terkungkung dengan lebiasaan orang-orang terdahulu mereka seperti pernikahan dini yang menghambat laju pertumbuhan pendidikan tersebut (2) Bagaimana pentingnya pendidikan bagi wanita di desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, seperti hasil penelitian yang sudah didapat oleh peneliti, pendidikan untuk perempauan sangatlah penting namun memang terdapat beberapa faktor mengapa perempuan lebih terdiskriminasi dalam ha pendidikan dibandingkan dengan laki-laki yaitu faktor ekonomi dan pola fikir masyarakat yang beranggapan bahwa perempuan hanya akan kembali pada kodratnya yaitu mengurus keluarga saja sehingga kaum perempuan lebih sedikit mendapatkan dukungan dari pada kaum laki-laki. 3) Bagaimana persepsi tokoh masyarakat dan tokoh agama tentang wanita berpendidikan desa Rabasan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, tokoh masyarakat pun memberikan respon positif terhadap pendidikan perempuan karena perempuan adalah madarasah pertama untuk generasi-generasi yang akan datang dan hal itu tentu sangat membutuhkan pendidikan sehingga mendapatkan kualitas pendidikan yang baik juga untuk anak-anaknya.
Dengan adanya penelitian ini masyarakat disarankan untuk lebih menyadari mengenai permasalahan yang sudah terjadi di masyarakat ini. Dengan demikian diskriminasi secara tidak langsung yang terjadi pada wanita terutama dalam hal pendidikan bisa segara berakhir dan kaum wanita bisa menikmati hak-hak mereka dalam pendidikan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 182021009 AKH P
182021009
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021009 AKH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+79 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN WANITA
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
009
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?