PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI DI SMK AL-FURQON PALENGAAN DAYA PAMEKASAN

RAHMAT IKHWAN FARIDI - Nama Orang;

Kata Kunci: Bimbingan Dan Konseling dan Kedisiplinan Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah kedisiplinan seperti bingung dalam
menyesuaikan pribadi dan sikap yang baik didalam ruang kelas maupun diluar kelas, maka dari
itu peneliti berinisiatif untuk memberikan bimbingan dan konseling terhadap siswa yang
bermasalah tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini yakni: Pertama Bagaimana kedisiplinan siswa di SMK Al-Furqon, Kedua
Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di
SMK Al-Furqon, Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan
dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Al-Furqon.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjang waktu, ketekunan pengamatan, dan triangualasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Pertama, Kedisiplinan siswa pada sekolah Al-Furqon masih dibilang ada
sehingga guru BK Pelu memberikan tindakan. Kedua, Dalam melaksanakan bimbingan dan
konseling dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pernyataan tujuan layanan, penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan, mengarahkan kegiatan, dan tahap peralihan. Setelah itu
barulah masuk kedalam tahap inti seperti, kegiatan peserta didik, dan kegiatan guru BK dalam
pelaksanaan layanan klasikal, setelah tahap inti selesai salanjutnya adalah tahap penutup,
evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dari pelaksanaan bimbingan dan konseling tersebut dapat
diketahui bahwa dari sebagian besar siswa sudah mulai bisa menerapkan aturan yang berlaku
disekolah terutama dalam hal kedisiplinan. Dari hal tersebut dapat dipastikan bahwa ada
pengurangan dalam kebimbangan dan kebingungan siswa dalam mentaati aturan sekolah yang
ada. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu pertama, adanya kerja sama antar guru yang baik.
Kedua, adanya jam masuk guru BK yang diberikan oleh sekolah tiga kali dalam seminggu.
Ketiga, adanya kontribusi sekolah yang mendukung program bimbingan dan konseling
disekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, pertama, masih adanya siswa dan siswi yang
masih ngeyel terhadap aturan sekolah yang ada. Kedua, masih kurangnya tingkat pemahaman
siswa siswa dan siswi disekolah tentang kedisiplinan siswa. Ketiga, sarana dan prasarana yang
kurang memadai yang ada disekolah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 192021020 RAH P
192021020
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192021020 RAH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
x+76 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kedisiplinan Belajar
SKRIPSI BKPI 2021
Info Detail Spesifik
020
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?