PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KORELASI ANTARA MANAJEMEN KONFLIK DENGAN KINERJA GURU DI SMK MAMBAUL ULUM BATA-BATA PAMEKASAN

ZAFILUL UMAM - Nama Orang;

Kata Kunci: Manajemen, Konflik, Kinerja, Guru
Konflik pastinya tidak akan lepas dalam kehidupan sehari-hari, karena itu
sudah tertuliskan dalan sabda rasulullah yang artinya: manusia itu tidak akan luput
dengan yang namanya salah dan lupa. Setiap interaksi yang dilakukan oleh
manusia pasti ada salahnya, Apalagi dalam lingkup lembaga pendidikan, yang
mana pastinya banyak masalah-masalah yang akan di hadapi. Oleh karena itu,
kiranya agar lembaga pendidikan berjalan dengan baik, maka diperlukan adanya
pengelolaan dalam berbagai aspek di lembaga pendidikan terutama dalam kinerja
yang dilakukan oleh guru. Dalam artian, hal ini di butuhkan agar konflik yang
terjadi dapat di atasi dengan baik, maka perlu kiranya di butuhkan pengelolaan
konflik yang baik pula dalam kinerja yang dilakukan oelh guru. pengelolaan itu di
dasarkan atas empat hal yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengawasan. Pengelolaan dalam lembaga pendidikan harus diperhatikan terutama
dalam kinerja yang dilakukan oleh guru. Karena guru adalah seseorang yang
berinteraksi lamgsung dengan siswa. Ketika siswa berhasil maka pasti guru adalah
orang pertama yang berjasa akan keberhasilan siswa tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
data primer yakni kuesioner atau angket. Prosedur pengumpulan data yang
dilakukan oleh peneliti diperoleh melalui seperangkat daftar
pertanyaan/pernyataan tertentu yang disusun secara sistematis dan lengkap.
Informannya adalah guru yang nantinya setalah guru selesai mengisi angket lalu
di cari apakah ada atau tidak korelasinya. Dengan menggunakan uji validitas, dan
reliablilitas dan korelasinya di cari dengan menggunakan rumus Corelatiaon Rank
Sperman di aplikasi SPSS 25 Windows 10, agar hasilnya lebih maksimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kondisi manajemenkonflik
dengan kinerja guru di SMK Mambaul Ulum Bata-Bata pemekasan dilakukan
melalui dua (2) hal berikut ini, yaitu: 1) hasil uji validitas yang telah diperoleh
dari kuesioner yang telah di isi oleh guru di sekolah tersebut diperoleh beberapa
hasil yang tidak valid dari sebagian responden sehingga hanya di ambil yang valid
saja. sehingga uji validitas yang asalnya berisi 28 pernyataan untuk variabel X
(Manajemen Konflik), hanya di ambil 19 penyataan saja (yang valid). sedangkan,
untuk variabel Y (Kinerja Guru) di ambil 15 saja (yang valid). 2) hasil uji
reliabilitas yang telah diperoleh dari hasil uji validitas (yang valid saja) maka di
peroleh hasil pengujian reliabilitas variabel X (Manajemen Konflik) menunjukkan
angka Cronbach’s Alpha berjumlah 0,783 dinyatakan reliabel dengan Cronbach’s
Alpha lebih besar dari batas reliabel yakni 0,60, maka angka 0,783 lebih besar dari
0,60 (batas reliabel) sehingga dinyatakan bahwa instrument tersebut reliabel. Dan
juga hasil pengujian reliabilitas variabel Y (Kinerja Guru) menunjukkan angka
Cronbach’s Alpha berjumlah 0,844 dinyatakan reliabel dengan Cronbach’s Alphavi
lebih besar dari batas reliabel yakni 0,60, Kedua, korelasi antara manajemen
konflik dengan kinerja guru di SMK Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan
dilakukan melalui satu (1) hal berikut ini, yaitu: 1) dariHasil uji correlation
Rank Sperman diatas bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari\nilai alpha (α) yaitu
0,021 < 0,05 dapat diartikan variabel X (Manajemen Konflik) dan variabel Y
(Kinerja Guru) memiliki hubungan atau korelasi secara positif yakni semakin
tinggi variabel X maka semakin tinggi pula variabel Y. dengan variabel X
(Manajemen Konflik) dan variabel Y (Kinerja Guru) berada pada taraf interval
0,20 - 0,399 yang termasuk pada kategori korelasi rendah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 142021020 ZAF K
142021020
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142021020 ZAF K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiv+64 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MANAJEMEN KONFLIK
SKRIPSI MPI 2021
Info Detail Spesifik
020
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?