PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK STUDI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS II DI SDN TORJUN 1 SAMPANG

NAILIS SAADAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Nailis Saadah, 2021, Implementasi Metode Ummi untuk Studi Peningkatan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II di SDN Torjun 1 Sampang,
Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN MADURA Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Al-Qur’an adalah pegangan utama bagi umat Islam. Sebab membaca,
menghafalkan, memahami, mengingternalisasikan, serta mengaktualisasikan alQur’an menjadi sebuah keharusan ketika berhubungan dengan Allah SWT,
sesama manusia, dan alam semesta. Dalam penelitian ini menggunakan metode
ummi dalam membaca al-Qur’an. Karena sistem pembelajarannya yaitu materinya
terstruktur dengan baik, terdapat jilid 1-6 dan juga terdapat jilid tambahan (jilid
garib) serta ada tajwid yang berhubungan, tahap demi tahapnya terorganisir
dengan baik dan sistematis. Metode ummi mempunyai tiga motto, yaitu: mudah,
menyenangkan, dan menyentuh hati.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu : Pertama, bagaimana kondisi siswa sebelum
menggunakan metode ummi pada siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang,
Kedua, bagaimana hasil dari metode ummi yang telah diterapkan siswa kelas II di
SDN Torjun 1 Sampang, Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari
implementasi metode ummi untuk studi peningkatan kemampuan membaca alQur’an siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kondisi siswa yaitu saat
pembelajaran al-Qur’an metode Ummi di kelas II alhamdulillah kondisinya baik,
peserta didik merespon, antusias untuk mengikuti pelajaran dan peserta didik
semangat saat pelajaran al-Qur’an, peserta didik sudah memiliki dasar untuk
membaca al-Qur’an atas dasar belajar di langgar masing-masing, tetapi
kemampuannya berbeda-beda kadang ada anak yang bagus di hurufnya tapi
kurang lancar, dan ada yang lancar tapi makhorijul hurufnya masih perlu
diperbaiki. Kedua, hasil penerapan metode Ummi dalam peningkatan kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas II yaitu hasil akhir dari proses belajar mengajar di
dalam kelas. Guru berperan aktif dalam pelaksanaan penerapan metode ummi
dalam kemampuan membaca al-Qur’an. pelaksanaan penerapan metode ummi
berjalan dengan baik dan ada kemajuan dalam kemampuan siswa di dalam kelas,
yaitu ada beberapa siswa sudah bisa membedakan bacaan panjang pendek,
membedakan huruf hijaiyah, dan bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan tartil.
Ketiga, faktor pendukung yaitu persiapan guru pengajar al-Qur’an, sarana dan
prasarana, dukungan orang tua. Faktor penghambat yaitu kemampuan siswa
berbeda-beda dan terbatasnya waktu yang tersedia.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 152021007 Nai I
152021007
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021007 Nai I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiii+65 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
007
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?