PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 PADEMAWU PAMEKASAN

MOHAMMAD SUKARDI - Nama Orang;

ABSTRAK
Mohammad Sukardi, 2021, Implementasi Model Pembelajaran Bermain Peran
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN
2 Pademawu Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha,
M. Pd. I
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Bermain Peran, Motivasi Belajar, Pendidikan
Agama Islam
Model Pembelajaran bermain peran merupakan cara penguasaan bahan-bahan
pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa
dengan memerankan sebagai tokoh hidup atau benda mati. Motivasi belajar adalah
keseluruhan daya penggerak daam diri siswa yang menimbulkan atau mendorong
untuk lebih giat dalam belajar. Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, untuk itu, maka ada
dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; pertama,
Bagaimana penerapan model pembelajaran bermain peran unuk meningkatkan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Pademawu Pamekasan;
kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model
pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di SMPN 2 Pademawu Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Sekolah SMPN 2 Pademawu, Guru PAI, serta Siswa
SMPN 2 Pademawu. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam penerapan model
pembelajaran bermain peran mata pelajaran PAI di SMPN 2 Pademawu, terlebih
dulu guru mempersiapkan RPP, selain itu, guru PAI juga harus membentuk
kelompok dan juga mempersiapkan naskah atau dialog yang harus diperankan oleh
peserta didik. Selanjutnya, guru memberikan waktu untuk peserta didik melakukan
latihan sebelum tampil didepan kelas. Pada saat melakukan penampilan guru
mengarahkan kelompok yang lain untuk memperhatikan agar setelah penampilan
selesai, kelopok yang lain bisa memberikan tanggapan baik berupa pertanyaan,
kritikan atau saran. Dan yang terkahir guru memberikan evaluasi baik terkait
penampilan peserta didik maupun materi yang dijadikan tema pada saat itu; Kedua,
faktor yang menjadi pendukung dalam penerapan model pembelajaran bermian
peran yaitu antusias peserta didik, sarana yang memadai, kreatifitas guru.
Sedangkan untuk faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan model
pembelajaran bermain peran yaitu keterbatasan waktu, sehingga kadang ada
kelompok yang harus berhenti ditengah jalan saat melakukan penampilan karena
sudah pergantian jam pelajaran. kurangnya persiapan siswa, sehingga kadang ada
siswa yang masih tidak lancar dalam memerankan perannya bahkan terkadang ada
yang lupa pada dialognya. Dan juga siswa merapa kurang percaya diri atau malu
pada saat tampil didepan kelas.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 112021021 MOH I
112021021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112021021 MOH I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xii+74 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MODEL PEMBELAJARAN
SKRIPSI PAI 2021
Info Detail Spesifik
021
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?