PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IX DI MTS AL-MUKHLISIN GALIS PAMEKASAN

YUNITA ANGRAINI - Nama Orang;

ABSTRAK
Yunita Angraini, 2021, Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam
Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX di MTS Al-Mukhlishin Galis Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dosen Pembimbing: Suwantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci: Teori Belajar Behavioristik, Pembelajaran, Aqidah Akhlak
Teori belajar behavioristik merupakan suatu teori belajar yang menerapkan
prinsip penguatan stimulus dan respon. Teori ini berpandangan bahwa seseorang
dianggap telah belajar apabila ia mampu menunjukkan perubahan tingkah laku.
Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, apa materi dan
tujuan pembelajaran aqidah akhlak kelas IX di MTs Al-Mukhlishin Galis
Pamekasan. Kedua, bagaimana penerapan teori belajar behavioristik dalam
pencapaian pembelajaran aqidah akhlak kelas IX di MTs Al-Mukhlishin Galis
Pamekasan. Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat penerapan teori
belajar behavioristik dalam pencapaian pembelajaran aqidah akhlak kelas IX di
MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan.
Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara terpimpin, observasi
non-participant dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Madrasah, Guru
Aqidah Akhlak, dan Siswa. Teknik analisis data ialah cheking (pengecekan),
organizing (pengelompokan), dan coding (pemberian kode). Sementara
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: materi pembelajaran aqidah
akhlak kelas IX ialah BAB 1 iman kepada hari akhir dan alam gaib yang
berhubungan dengan hari akhir, BAB 2 perilaku terpuji pada diri sendiri (berilmu,
kerja keras, produktif, dan kreatif), BAB 3 adab bertetangga, BAB 4 keteladanan
sahabat Umar Bin Khattab ra., BAB 5 Iman Qadha dan Qadar, BAB 6 akhlak
dalam pergaulan remaja, BAB 7 adab Islami terhadap lingkungan, dan BAB 8
keteladan sahabat Usman Bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Tujuan
pembelajarannya ialah memperkuat keimanaan siswa, siswa dapat mengamalkan
akhlak yang baik dan menghindari akhlak yang buruk, serta sebagai bekal untuk
melanjutkan sekolah SMA/MA. Kedua, penerapan teori belajar behavioristik
dalam pencapaian pembelajaran aqidah akhlak ialah guru membuat RPP,
memberikan stimulus (memberi keteladanan, mengucap salam ketika masuk dan
keluar kelas, berdoa sebelum memulai pelajaran, memotivasi siswa, menggunakan
metode Reading Aloud), meminta siswa mengerjakan soal yang ada di LKS, serta
memberikan penguatan. Ketiga, faktor pendukung penerapan teori belajar
behavioristik dalam pencapaian pembelajaran aqidah akhlak guru memiliki
kompetensi yang baik, keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran,
adanya kegiatan keagamaan, serta sarana dan prasarana yang memadai. Faktor
penghambat ialah adanya pemotongan waktu belajar pada masa pandemi covid-19
membuat guru kesulitan dalam menyesuaikan antara waktu yang disediakan
dengan materi yang akan disampaikan, serta terbatasnya kontrol madrasah ketika
siswa di rumah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 112021013 Yun P
112021013
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112021013 Yun P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiii+82 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PAI 2021
Info Detail Spesifik
013
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?