PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STUDI PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI KARIR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA DI MAN 1 PAMEKASAN

INNANI MUKARROMAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Innani Mukarromah, 2020. Pelaksanaan Layanan Informasi Karir dalam
Meningkatkan pemahaman karir siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Pamekasan. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam, Fakultas
Tarbiyah. IAIN Madura, Pembimbing:
Kata kunci: Pelaksanaan Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan
pemahaman karir siswa
Pelaksanaan bimbingan konseling bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
layanan informasi karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa, keinginan
siswa banyak yang berbeda diantaranya, ingin menjadi guru, dokter, pedagan dll.
Dan sebetulnya kita kurang paham tanpa adanya bimbingan dari guru BK agar
siswa bisa meningkatkan pemahaman siswa tentang karir. Setelah bimbingan
berjalan setidaknya kita sebagai siswa bisa tahu membedakan karir mana yang
kita kuasai dan yang benar-benar menjadi keinginan siswa . Kebanyakan karir dan
keinginan siswa tidak sesuai dengan keinginan orang tua, maka dari itu guru BK
lah berperan penting untuk mengatasi perbedaan tersebut.
Ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini meliputi:
(1) Bagaimana pelaksanaan layanan informasi karir siswa dalam meningkatkan
pemahaman karir siswa di MAN I Pamekasan?, (2) apa saja faktor pendukung dan
penghambat layanan informasi karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa
di MAN I Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis
penelitian adalah kualitatif deskriftif. Sumber data adalah Kepala Madrasah, Guru
dan Guru BK dan Siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
adalah mendeskripsikan, sedangkan analisis keabsahan data melalui reduksi data,
display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan layanan informasi karir
dalam meningkatkan pemahaman karir siswa di MAN I Pamekasan dengan cara.
a) persiapan, di dalam persiapan ini guru BK berusaha semaksimal mungkin
memberi layanan informasi karir dengan cara menetapkan tujuan dan isi informasi
yang bertujuan untuk mengembangkan kemandirian siswa. materi informasi yang
diberikan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan dan permasalah siswa,
mengidentifikasikan sasaran yang menerima informasi, sasaran ini kepada siswa
kelas akhir. b) pelaksanaan, dan pelaksanaan ini sangat tergantung pada persiapan
yaitu memberikan informasi tentang karir berusaha menyajikan secara seitematis
dan senantiasa menggunakan Bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami
oleh siswa dan juga melakukan kerja sama dengan guru yangt lain itu sangat
penting, terutama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas. c) evaluasi,
dibiasakan mengevalusi setiap program yang dilakukan agar apa yang sudah
dilakukan bisa diukur tingkat keberhasilannya (2) hasil pelaksaan layanan
informasi karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa di MAN I
Pamekasan sangat baik, hal ini diketahui beberapa teknik pelaksanaan: yaitu
pertama dengan cara persiapan, yaitu a) menetapkan tujuan da nisi informasi
termasuk alasan alasannya. b) mengidentifikasikan sasaran (siswa) yang akan
menerima informasi, c) mengetahui sumber informasi, d) menetapkan teknikpenyampaian informasi, e) menetapkan jadwal dan waktu kegiatan, f) menetapkan
ukuran keberhasilan. Ke dua. Pelaksaan, a) usaha menarik minat dan perhatian
para siswa, c) berikan informasi secara sistematis, dan sederhana sehingga jelas isi
dan manfaatnya, d) berikan contoh yang berhubungan dengan kehidupan siswa. ke
tiga, Evaluasi, a) pembimbing mengetahui hasil pemberian informasi, b)
pembimbing mengetahui efektifitas suatu teknik, c) pembimbing mengetahui
apakah persiapan sudah cukup matang atau masih banyak kekurangan, d)
pembimbing mengetahui kebutuhan siswa akan informasi lain atau informasi yang
sejenis, e) bila dilakukan evaluasi, siswa merasa perlu memperhatikan lebih
serius, bukan sambal lalu. Dengan demikian timbul sikap positif dan menghargai
isi informasi yang diterimanya


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 192020112 Inn S
192020112
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192020112 Inn S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
x+69 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI BKPI 2020
TEKNIK BIMBINGAN KONSELING
Info Detail Spesifik
112
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?