PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KREATIVITAS GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MTsN 3 PAMEKASAN

FAJARINI FARIZI - Nama Orang;

ABSTRAK
Fajarini Farizi, 2021, Kreativitas Guru IPS Dalam Pembelajaran Daring (Online)
Di MTsN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Madura, Dosen Pembimbing:
Sukron Romadhon, M. Si.
Kata Kunci: kreativitas Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, pembelajaran daring
Dimasa pandemi COVID-19 guru dan siswa tidak mungkin bisa
melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, namun dilakukan dengan
pembelajaran daring, Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh
antara guru dengan siswa tidak bertatap muka secara langung namun
memanfaatkan jaringan dan perangkat dan juga media pembelajaran seperti Elearning dan juga WA Group.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, bagaimana kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di
MTsN 3 Pamekasan: kedua, bagaimana respon siswa terhadap kreativitas guru
IPS dalam pembelajaran daring di MTsN 3 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor
penghambat dan pendukung kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di
MTsN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi,
informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kreativitas guru IPS di
MTsN 3 Pamekasan selain mengerjakan UKBM peserta didik juga diarahkan
untuk lebih mengetahui tentang COVID-19 dengan cara membuat Peta persebaran
COVID-19 diarea Jawa Timur serta cara pencegahanya dan juga meneliti
lingkungan, serta membuat laporan sederhana dilingkungan rumah peserta didik
masing-masing, membuat Mind Mapp, pembelajaran melalui Youtube.Kedua,
respon siswa dalam pembelajaran daring akan berbading searah dengan respon
guru, jika respon guru baik akan meningkatkan semangat belajar siswa dan siswa
merasa senang karena menggunkaan media pembelajaran yang mudah diakses
oleh siswa . Ketiga, faktor penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran
daring yaitu: faktor penghambat; jaringan, terkendala perangkat, pengetahuan
siswa. Faktor pendukung; faktor pendukung adalah bagaimana kemauan dari guru
untuk tetap mengetahui dan belajar terhadap media pembelajaran yang digunakan
sebagai bahan tercapainya pembelajaran yang efektif dan efisien.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182021003 Faj K
182021003
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021003 Faj K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiv+82 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
003
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?