PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN PANGLEGUR I

YULIANTIKA - Nama Orang;

ABSTRAK
Yuliantika, 2020. Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Panglegur 1. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Dosen
Pembimbing: Moh Hafid Effendy. M, Pd.
Kata Kunci: Metode Jigsaw, Pembelajaran Keterampilan Berbicara
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran
keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1V SDN Panglegur 1.
Jigsaw dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang menerapkan sistem pengelompokan atau
tim kecil, antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang yang beda untuk
bekerja sama sesama peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas yang terstruktur. Berbicara
sebagai suatu keterampilan berbahasa diperlukan untuk berbagai keperluan. Melalui pembelajaran
bahasa Indonesia siswa akan tau bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar, oleh karena
itu timbul sebuah permasalahan yaitu, bagaimana perencanaan metode jigsaw dalam pembelajaran
keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Panglegur 1
Pamekasan, Bagaimana penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara
pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Panglegur I dan Bagaimana hasil
evaluasi metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas IV SDN Panglegur I ?
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan metode jigsaw dalam
pembelajaran keterampilan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1V SDN Panglegur 1,
untuk mengetahui penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1V SDN Panglegur 1 dan untuk mengetahui hasil evaluasi
penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara kelas 1 SDN Panglegur 1.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun
prosedur pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik
analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan yang di analisis
adalah data yang menggambarkan dua cara induktif dan deduktif. Sedangkan tehnik pengecekan
keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan
uraian rinci.
Hasil penelitian ini adalah bahwa: pertama, (1) Guru telah menentukan tujuan belajar untuk
memudahkan siswa untuk memahami materi (2) Guru menyiapkan panduan belajar (4) Guru
membentuk tim siswa dan (5) Mendukung presentasi “para ahli” kedua, Penerapan kegiatan jigsaw
yaitu: menunjuk pakar siswa, mengumpulkan informasi, menyiapkan presentasi,
mempresentasikan kelompok lain dan evaluasi mendukung presentasi. Ketiga Hasil evaluasi
metode jigsaw yang dilakukan mengembangkan metode Jigsaw pada pengajaran bahasa Indonesia
di SDN Panglegur 1 menunjukkan, bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan
pengetahuan untuk tes hasil belajar produk dan tes hasil belajar psikomotorik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152020084 Yul P
152020084
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152020084 Yul P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
xi+60 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PGMI 2020
Info Detail Spesifik
084
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?