PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TAJWID DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK KELAS IV MI TARBIYATUS SHIBYAN LENTENG BARAT SUMENEP

LAILIATUL MUTIMMAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Lailiatul Mutimmah, 2020, Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Mata Pelajaran Tajwid Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Lenteng Barat Sumenep, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Atiqullah, S.Ag, M.Pd

Kata Kunci : Pemahaman Belajar Siswa, Pelajaran Tajwid, Diskusi Kelompok

Pemahaman belajar siswa pada pelajaran tajwid masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran yang verbalisme sehingga siswa kurang tertarik dalam pelajaran tajwid. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitian, yaitu pertama, bagaimana penerapan metode diskusi kelompok sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran tajwid bagi siswa kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Lenteng Barat Sumenep? Kedua, Bagaimana hasil capaian penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran tajwid materi hukum nun mati atau tanwin pelajaran kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Lenteng Barat Sumenep? Dan ketiga, Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung metode diskusi kelompok dalam meningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran tajwid materi hukum nun mati atau tanwin pelajaran kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Lenteng Barat Sumenep?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan model siklus kemmis dan robin. Meliputi 2 siklus dan 4 komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan Lenteng Barat Sumenep yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 11 siswa peempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Karena adanya metode diskusi kelompok siswa lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran, selain penguatan dari guru siswa juga bisa bertanya pada teman kelompok yang lebih memahami materi yang telah dijelaskan di depan. Kedua, hasil pencapaian penggunaan metode dikusi kelompok yaitu pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa mencapai 45,17 dan siklus I meningkat menjadi 61,72 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,37. Sementara presentase ketuntasan siswa pada tahap prasiklus baru mencapai 20,68% sedangkan pada siklus ketuntasan siswa meningkat menjadi 51,72% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,65%. Dan ketiga, setelah penerapan metode diskusi kelompok terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambatnya yaitu, faktor pendukung pada saat pembelajaran pemahaman guru pada saat menyampaikan materi seperti mencari contoh didalam Al-Qur’an kemudian ditulis di papan tulis, selain peneliti menjelaskan didepan peneliti juga menjelaskan kembali pada masing-masing kelompok. Sedangkan faktor penghambat apabila masih ada siswa yang belum memahami materi yang telah dijelaskan oleh peneliti didepan, begitu pula penjelasan dari teman kelompoknya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152020081 Lai U
152020081
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152020081 Lai U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
xii+69 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PGMI 2020
Info Detail Spesifik
081
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?