PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

MENUMBUHKAN PENGETAHUAN OPERATOR SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) DI SMK AL-IMRON KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP

JAMA'ANIATUS SHOLIHAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.
ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.

ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.


ABSTRAK
Jama’aniatus Sholihah, 2020, Menumbuhkan Pengetahuan Operator Sekolah Dalam Mengembangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Operator Sekolah, Dapodik, Upaya Menumbuhkan
Operator sekolah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendataan sekolah. Sedangkan DAPODIK merupakan sistem pendataan yang ada dibawah naungan Kemendikbud yang meliputi jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dan SMK.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan Dapodik di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Kedua, apa saja upaya dalam menumbuhkan pengetahuan operator DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Ketiga, apa saja kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan aplikasi DAPODIK di SMK Al-Imron Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan operator sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan DAPODIK di SMK Al-Imron sudah terlaksana dengan baik dan maksimal. Kedua, terdapat upaya yang dilakukan oleh operator sekolah guna menumbuhkan pengetahuannya pada aplikasi DAPODIK yaitu dengan mengikuti komunitas antar operator sekolah se kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah, sebab disana akan memperoleh informasi DAPODIK secara rinci. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah dalam mengembangkan DAPODIK yaitu karena lemahnya jaringan internet pada saat entry data ke aplikasi DAPODIK dan terjadi overload saat melakukan instalasi DAPODIK.




Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 142020124 Jam M
142020124
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142020124 Jam M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
xii+76 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2020
Info Detail Spesifik
124
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?