PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs DARUT THALIBIN PONTEH GALIS PAMEKASAN

EVA SRI WAHYU ILHAMI - Nama Orang;

ABSTRAK
Eva Sri Wahyu Ilhami, 2020, “Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Darut Thalibin
Ponteh Galis Pamekasan”, Skripsi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Tarbiyah IAIN Madura Pembimbing Dr.R.Agoes Kamaroellah,M.Si.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar.
Kegiatan dalam pembelajaran guru masih belum menggunakan media
pembelajaran yang seharusnnya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Guru
lebih banyak menggunakan papan tulis untuk menuliskan point-point penting dari
materi-materi yang sedang disampaikan. Hal inilah yang membuat siswa merasa
sulit memahami materi yang disampaikan guru. Guru tidak menggunakan media
karena media pembelajaran IPS di sekolah tersebut hanya terbatas. Hal inilah yang
membuat nilai hasil belajar IPS menjadi rendah. Pembelajaran IPS di kelas VIII
dirasakan kurang bervariasi. Hal itu sesuai wawancara peneliti dengan guru kelas
VIII dimana guru lebih banyak menggunakan metode ceramah.Salah satu metode
pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS adalah metode simulasi.
Berdasarkan penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah
sebagaimana berikut:1) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan metode
pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di
kelas VIII MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan; 2) Bagaimanakah hasil
belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran
IPS di kelas VIII MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen kuasi atau dikenal dengan eksperimen semu. Instrumen data
diperoleh melalui tes yang disebarkan kepada siswi kelas VIII-A dan VIII-B
sebanyak 30 siswa, dan dokumentasi sebagai bukti penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh ataspenggunaan metode
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTs Darut
Thalibin Ponteh Galis Pamekasan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan
teknik t-test. Pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 3,16 dan nilai
ttabel sebesar 1,70 padats0,05dan 2,47 padats0,01dengan db 28. Dengan demikian nilai
ttabeldiperoleh sebesar 1,70 dan 2,47, sehingga degan jelas terlihat bahwa
thitung>ttabelyaitu3,16> 1,70> 2,47 maka ada pengaruh signifikan metode
pembelajaran simulasi dalam meningkatkan hasilbelajar siswa di MTs Darut
Thalibin Ponteh Galis Pamekasan. Kedua, besar hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di MTs Darut Thalibinadalah tinggi. Hal ini berdasarkan nilai
thitung sebesar 3,16 lebih besar darinilai ttabel sebesar 1,70 padats0,05dan 2,47
padats0,01.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182020059 Eva P
182020059
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182020059 Eva P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
x+67 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2020
Info Detail Spesifik
059
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?