PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS TEKNIK COGNIYIVE RESTRUCTURING UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SISWA SAAT PRESENTASI DI DEPAN KELAS DI MTs AL-MUKHLISIN GALIS PAMEKASAN

LULUK ATUL JANNAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Luluk Atul Jannah, 2020, Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk
Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Saat Presentasi Di Depan Kelas Di MTs
Al-Mukhlisin Galis, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, pembimbing :
H.Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci : Teknik Cogntive Restructuring. Kecemasan saat presentasi di
depan kelas.
Penelitian ini dilatar belakangi Teknik Cognitive Restructuring untuk
menurnkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi didepan kelas. Teknik ini
sangat cocok digunakan untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa karena
dalam teknik Cognitive Restructuring mengubah pola pikir siswa yang negatif
menjadi pola pikir yang lebih positif sehingga dapat mengurangi perasaan cemas
saat presentasi di depan kelas. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah 1)
Apakah teknik Cognitive Restructuring dapat menurunkan tingkat kecemasan
siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin Galis?;2) Apakah ada
perbedaan skor yang signifikan antara sebelum diberikan dan sesudah diberikan
teknik Cognitive Restructuring?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil latar
di MTs Al-Mukhlisin Galis. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk menguji Teknik Cognitive Restructuringdalam menurunkan tingkat
kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin Galis.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan pre-test dan
post-test yaitu pengukuran awal dan pengukuran akhir. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mengetahui perubahan
tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas setelah diberikan teknik
Cognitive Restructuring. Subjek penelitian sebanyak 6 orang. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji jenjang
bertanda wilcoxon.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) teknik Cognitive Restructuring
dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas. 2)
terdapat perbedaan skor tingkat kecemasan siswa antara sebelum dan sesudah
diberikan teknik Cognitive Restructuring. Berdasarkan hasil uji jenjang wilcoxon
diketahui T hitung = 0, N = 6 siswa dengan taraf signifikan 5%, maka T tabel
sebesar 1 yang berarti T hitung lebih kecil T tabel (T hitung≤T tabel) yang berarti Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini disimpulkan bahwa teknik Cognitive
Restructuring efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi
di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 192020092 Luk E
192020092
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192020092 Luk E
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
xii+62 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI BKPI 2020
Info Detail Spesifik
092
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?