PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA GURU DALAM PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN BAN-BAN PAKONG PAMEKASAN

Ulfatul Hasanah - Nama Orang;

ABSTRAK
Ulfatul Hasanah 2020. Dengan judul skripsi “Pengaruh Penerapan
Bimbingaan Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa kelas
V SDN Kangenan 1 Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Tarbiyah. Pembimbing Mohammad Hefni, M.Si.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA
Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan yang diberikan
dalam suasana kelompok. Bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan
informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyususn rencana
dan keputusan yang tepat.
Pada penelitian ini memfokuskan pada suatu permasalahan, yaitu adakah
pengaruh bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa
kelas V SDN Kangenan 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrument
data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi, serta analisis datanya
menggunakan statistic korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui
korelasi antara variabel X dan variabel Y.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: tidak ada pengaruh
penerapan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA
siswa kelas V SDN Kangenan I. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan
teknik product moment bahwa nilai ”r” kerja (0,05) lebih kecil dari “r” tabel baik
dari paraf signitifikan 5% (0,367) maupun taraf signitifikan 1% ( 0,470),
berdasarkan ketentuan jika ”r” kerja lebih kecil dari tabel, maka tidak ada korelasi
signitifikan antara bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran
IPA. Berdasarkan hasil interpretasi nilai “r” di atas dapat diketahui bahwa nilai “r”
hitung sebesar 0,05 berada pada rentangan angka antara 0,000 sampai dengan
0,200 dengan interpretasi tidak berkorelasi antara penerapan bimbingan kelompok
terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152020051 Ulf U
152020051
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152020051 Ulf U
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xii+89 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PGMI 2020
Info Detail Spesifik
051
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?