PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHIN AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN KANGENAN 1 PAMEKASAN

RISNAWATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Risnawati, 2020, Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Heni Listiana, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),
Pembelajaran Tematik
Melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),
siswa diharapkan dalam belajar akan terasa menjadi lebih bermakna, ketika dapat
mencari tahu sendiri dan mengalami langsung pemerolehan ilmu pengetahuan,
bukan sekedar hasil pentransferan ilmu dari materi yang di pelajarinya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi
strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam
pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan? (2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasi strategi pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1
Pamekasan? (3) Bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN
Kangenan 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun sumber data
dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik
pengumpulan data yaitu: (1) Observasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi.
Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran
Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan terdiri dari: Persiapan dengan membuat:
Prota, Promes, Pemetaan KD, Silabus, RPP, Jurnal Pembelajaran, Kisi-kisi
Penilaian Harian, Soal-soal Penilaian Harian Berdasarkan Tema, dan Analisis
Penilaian Harian. Selain itu, guru juga harus memahami terlebih dahulu materi yang
ingin diajarkan, melihat ketersediaan lingkungan, dan menyiapkan media
pembelajaran. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan
mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tema/subtema, tujuan, dan kegiatan
pembelajaran yang ingin dilakukan. Guru memberikan dorongan kepada siswa
supaya fokus dan siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru menerapkan asasasas dari pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yakni:
konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi,
dan penilaian autentik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan, yakni: faktor
pendukungnya: guru, sarana dan prasarana, siswa, dan lingkungan. Sedangkan,
faktor penghambatnya: waktu dan keterbatasan kemampuan siswa. Ketiga, Respon
siswa terhadap strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan, mendapatkan respon
yang baik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 152020036 Ris I
152020036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15202036 Ris I
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xvi+195 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PGMI 2020
Info Detail Spesifik
036
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?