PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK DI RA ISLAMIYAH 1 BUJUR TENGAH

MAMLUATUL JANNAH - Nama Orang;

Abstrak
Mamluatul Jannah, 2020, Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak di RA Islamiyah I Bujur Tengah. Pembimbing. Rasidi, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter mandiri anak di RA Islamiyah I Bujur Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru sangat membantu dalam pembentukan karakter mandiri anak yang sudah terbiasa dibantu oleh orang tuanya ketika dirumah, dapat melakukan aktivitasnya sendiri disekolah dan kegiatan anak dirumah. Kedua, strategi yang dilakukan guru ialah melakukan pendekatan langsung kepada anak dengan cara dimasukkannya pendidikan karakter mandiri kedalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat memberikan anak aktivitas yang mengarah pada pembiasaan, keteladanan dan kedisiplinan. Ketiga, faktor penghambat guru dalam membentuk karakter mandiri anak yaitu kurangnya pengertian dari orangtua anak yang over protektif terhadap anak di sekolah. Selain itu waktu pembelajaran yang hanya sekitar satu jam menjadikan anak kurang berinteraksi dengan teman- temannya dan lingkungan sekolah. Keempat, solusi dari faktor penghambat pembentukan karakter mandiri anak yaitu pengertian dari orangtua anak berupa tidak menemani anak masuk ke dalam kelas. Selain itu, penambahan jam pelajaran yakni memberikan tambahan waktu bagi anak untuk lebih berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekolahnya.




Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 162020027 Mam p
162020027
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162020027 Mam p
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xi+88 hlm ,21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PIAUD 2020
Info Detail Spesifik
027
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?