PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

GAME ONLINE DAN EFEK PROBLEMATIKANYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS VII MTsN 2 PAMEKASAN

NOR AINI - Nama Orang;

ABSTRAK
NOR AINI, 2020, Game Online dan Efek Problematikanya Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan
Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
Madura, Pembimbing Dr. H. Atiqullah. S.Ag, M.Pd
Kata kunci: Game online, Motivasi
Penelitian ini dilatar belakangi game online dan efek problematikanya
terhadap motivasi belajar siswa yang mana game itu sendiri merupakan sesuatu
yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada
yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan alasan untuk
menghibur diri. Kini banyak orang yang melakukan aktivitas sehari-harinya
dengan bermain game online melalui gadgenya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang menjadi pokok
penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana jenis-jenis game online yang sering
digunakan oleh siswa kelas VII MTsN 2 Pamekasan. Kedua, Bagaimana efek
negatif dari game online terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 2
Pamekasan. Ketiga, Bagaimana upaya guru BK dalam game online terhadap
motivasi belajar siswa pada kelas VII MTsN 2 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berjenis penelitiannya
adalah deskriptif. Tekhnik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data
ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data
penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi.
Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan
derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Jenis-jenis game online yang
sering digunakan oleh siswa, (a) Siswa kelas VII MTsN 2 Pamekasan yang sering
bermain game online menggunakan permainan yang berjenis free fire, pubg dan
mobile lagend, (b) Siswa kelas VII MTsN 2 Pamekasan yang gemar bermain
game menggunakan permainan yang berbasis online bukan offline. Kedua, efek
negatif dari game online terhadap motivasi belajar siswa, (a) Tidak mengenal
waktu dalam bermain game online, (b) Penglihatan mata mulai terganggu, (c)
Dari segi keuangan mengajarkan pemborosan, (d) Merasa kesulitan yang mau
bersosial dengan orang lain. Ketiga, upaya guru BK dalam game online terhadap
motivasi belajar siswa, (a) Melarang siswa membawa hp ke sekolah MTsN 2
Pamekasan, (b) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan bimbingan
konseling dengan menggunakan pendekatan behavioral yang tekhniknya self
manajement kepada siswa yang candu dengan game online, (c) Guru bimbingan
dan konseling memberikan bimbingan kelompok serta memberikan layanan
informasi terkait siswa yang candu game online.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 192020035 Nor G
192020035
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192020035 Nor G
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xi+86 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pengajaran
SKRIPSI BKPI 2020
Info Detail Spesifik
035
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?