PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

INPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII MTs MABDAUS SHOLAH SEDDUR PAKONG PAMEKASAN

WARDATUL ISNAINI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wardatul Isnaini, 2020, Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPS Kelas VII MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd.
Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS
Dalam pembaharuan proses pembelajaran kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada dimensi pedagogic modern yaitu pendekatan saintifik. Dalam praktik pembelajaran penggunaan pendekatan saintifik digunakan dalam langkah-langkah strategi pembelajaran yang dikenal dengan strategi pembelajaran 5M yang terdiri atas kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik dapat diterapkan melalui pembelajaran tematik, yang mana pembelajaran ini menggabungkan berbagai macam mata pelajaran salah satunya mata pelajaran IPS. Pembelajaran IPS harus terbebas dari penyajian yang monoton dan hanya menerima apa yang diberikan guru saja. Maka dari itu, kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan; kedua, apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan beserta solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas analisis dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam pelaksanaan proses implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan, guru IPS telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran kurikulum 2013 dan telah memenuhi kaidah pendekatan saintifik, mulai dari aktifitas 5M yaitu mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan data, serta mengkomunikasikan. Hal ini terlihat oleh peneliti pada proses kegiatan pembelajaran guru beserta siswa sama-sama aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kedua, Dalam pelaksanaan implementasi pendekatan saintifik masih terdapat kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya kendala dalam sarana sekolah, kemudian kendala efektifitas penggunaan waktu dan juga kendala dari siswa sendiri. Meskipun masih terdapat kendala dalam penerapan pembelajarannya guru IPS juga telah memberikan solusi yaitu melakukan inisiatif sendiri dalam menghadapi kendala terbatasnya sarana dan prasarana maupun dalam kendala alokasi waktu, dan juga kendala pada siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182020024 War I
182020024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182020024 War I
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xii+71 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
SKRIPSI TIPS 2020
Info Detail Spesifik
024
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?