PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A DI SMPS ISLAM DARUL ULUM II AL-WAHIDIYAH GERSEMPAL OMBEN SAMPANG

MUSTOFA - Nama Orang;

v
ABSTRAK
Mustofa, 2020, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang. Skripsi, Program Studi Tadris Imu Pengetahuan Sosial, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura. Pembimbing: Siti. Azizah, M.Pd
Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Masalah yang terjadi di kelas IPS VIII A di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang, prestasi belajar yang dicapai oleh siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas masih cenderung fokus pada guru (teacher – centered) yang mengakibatkan kejenuhan pada siswa, informasi yang diterima oleh siswa menjadi lebih sedikit dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan pola pikirnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang melalui penerapan model Learning Cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkattkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran IPS kelas VIII A SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan test. Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran IPS dengan materi Keunggulan dan keterbatasan wilayah dalam kegiatan ekonomi bisa meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VIII A. Bukti secara kuantitatif dapat diketahui dari hasil penelitian diperoleh nilai belajar siswa pada saat pretest 34,13, pada siklus I 69,43 dengan presentasi ketuntasan 60,87% dan siklus II 82,82 dengan presentasi ketuntasan 100%.hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada setiap tahapnya terjadi peningkatan. Dari ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Learning Cycle 5E bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMPS Islam Darul Ulum II Al Wahidiyah Gersempal Omben Sampang..


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182020021 Mus P
182020021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182020021 Mus P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xii+65 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
SKRIPSI TIPS 2020
Info Detail Spesifik
021
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?