PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 2 LARANGAN

NORFITRIA MAHMUDA - Nama Orang;

ABSTRAK
Norfitria Mahmuda, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas VIII
SMPN 2 Larangan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Social,
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Akh. Syaiful Rijal, S.Th.,I.,
M.Pd.I.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, Pembelajaran IPS, Motivasi
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengharuskan pendidik
untuk mengingat dan terus menerima pembelejaran lain. Proses pembelajaran
yang monoton seperti sistem ceramah seringkali di jadikan acuan pembelajaran
seorang pendidik untuk menyampaikan suatu materi. Pembelajaran kooperatif
adalah istilah umum untuk sekumpulan stategi pengajaran yang mana
menekankan pada pembelajaran bersama dengan cara menyusun kelompok kecil
Berdasarkan kedua hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe
STAD berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS
kelas VIII SMPN 2 Larangan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa Kuisioner tertutup merupakan
angket atau daftar pertanyaan dengan alternative pertanyaannya telah disediakan
oleh peneliti. Kuisioner jenis ini dinilai lebih efektif karena responden dapat
langsung membubuhkan tanda centang (√) dalam kolom yang telah disediakan
dan masing-masing diberi lima alternatif jawaban sebagai standart penilaian
yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu dan tidak setuju. Informan dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, staff TU dan para siswa yang
menerima pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan validitas dan
reabilitas dalam penelitian ini peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS
versi 16.00
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa metode pembelajaran kooperativ tipe STAD yang diterapkan oleh
seorang guru dapat menjadi motivasi tambahan bagi siswa. Demikian adalah
pembahasan tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2
Larangan. Setelah dipadukan dan dibandingkan kajian teori dengan hasil
penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS
Kelas VIII SMPN 2 Larangan dengan interpretasi sedang.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182020019
182020019
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182020019
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xiii+72 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Pada Anak
SKRIPSI
Info Detail Spesifik
019
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?