PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA MELESTARIKAN NILAI-NILAI PESANTREN MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN TANWIRUL ISLAM SAMPANG

ANNITA ABNI - Nama Orang;

ABSTRAK
Annita Abni, 2020, Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Pesantren Melalui Penerapan
Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Tanwirul Islam, Skripsi, Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata Kunci :Nilai-Nilai Pesantren, Kurikulum
Nilai-nilai pesantren merupakan acuan bagi terciptanya sistem serta nilai
kehidupan pesantren. Dalam pesantren, nilai-nilai pesantren tersebut sangat
dijunjung tinggi sehingga berbagai macam kegiatan dan aktivitasnyadi dalam
pesantren harus berpijak kepada lima nilai-nilai pesantren tersebut. Selain itu, nilainilai pesantren ini digunakan sebagai alat dan sumber untuk membentuk
kepribadian santri, sebagai bahan baku untuk membangun karakter santri menuju
manusia sempurna. Tujuannya adalah agar santri-santrinya dapat menjadi caloncalon pemimpin di masyarakat, umat, dan bangsa. Dalam penerapan nilai-nilai
pesantren perlu adanya susunan kurikulum pesantren di dalamnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana upaya melestarikan nilainilai pesantren melalui peneran manajemen kurikulum di Pondok pesantren
Tanwirul Islam Sampang; kedua, bagaimana santri menerapkan nilai-nilai
pesantren dalam kurikukum pesantren di Pondok Pesantren Tanwirul Islam
Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan
tidak terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non
partisipan. Informannya adalah, pengasuh pondok pesantren, penanggung jawab
pondok pesantren, dan kabid pendidikan pesantren.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya melestarikan nilainilai pesantren melalui peneran manajemen kurikulum di Pondok pesantren
Tanwirul Islam Sampang yaitu: a.) Perencanaan kurikulum pesantren mengikuti
pola tradisional, yaitu model sorogan dan bandongan b.) Pelaksanaan kurikulum
pesantren dilakukan oleh ustadz atau ustadzah yang berpusat pada strategi dan
metode pembelajaran c.) Pengorganisasian kurikulum pesantren dilakukan dengan
penyusunan jadwal pelajaran yang dialokasikan dengan waktu dan terdapat bentuk
organisasi kurikulum yakni mata pelajaran yang digabungkan dan mata pelajaran
yang terpisah dan d.) Evaluasi kurikulum pesantren melakukan pertemuan setiap
satu minggu sekali dengan pengajar. Kedua, santri menerapkan nilai-nilai pesantren
dalam kurikukum pesantren di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang yaitu:
a.) Santri melaksanakan nilai keiklasan dengan melakukan kegiatan belajar
mengajar b.) Santri melaksanakan nilai kesederhanaan dengan pola hidup
sederhana dari segi pakaian dan makanan c.) Santri melakukan nilai kemandirian
vi
dengan melakukan wirausaha d.) Santri melakukan nilai ukhuwah islamiyah
dengan mengabdi dan membantu masyarakat sekitar e.) Santri melakukukan nilai
ketaatan dengan melaksanakan semua peraturan dan taat pada perintah Allah


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 142020058 Ann U
142020058
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142020058 Ann U
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xv+60 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Manajemen Pendidikan
Info Detail Spesifik
058
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?