PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGELOLAAN WISATA LOKAL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI SDN KOWEL III PAMEKASAN

Ulfatus Sholihah - Nama Orang;

ABSTRAK
Ulfatus Sholihah. 2020. Wisata Lokal Sebagai Sarana Pembelajaran Di SDN
Kowel III Pamekasan. Program Studi MPI, Jurusan Tarrbiyah, IAIN Madura,
Dosen pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Sholichin, M. Ag.
Kata Kunci : pengelolaan, wisata lokal dan sarana pembelajaran.
Pendidikan merupakan tempat yang efektif untuk penyaluran ilmu, oleh
karena itu kementrian lingkungan bekerjasama dengan kementrian pendidikan
untuk merealisasikan program sekolah adiwiyata sebagai bentuk penyadaran dan
penenaman pengetahuan terhadap lingkungan dan hidup bersih serta sehat.
Berdasarkan hal tersebut, maka diperlulah suatu metode pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan sekolah berbasis adiwiyata. dalam hal ini yang
cukup efektif untuk pembejaran sekolah adiwiyata yakni memanfaatkan wisata
lokal yang ada disekolah sebagai sarana pembelajaran, oleh karena itu perlulah
pengelolaan yang signifikan pada wisata lokal agar efektif dijadikan sarana
pembelajaran bagi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenemonologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, ketua dan operator tim
adiwiyata, jajaran guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, wisata lokal sekolah sudah
terealisasi sejak tahun 2016, adapun objek wisata lokalnya berupa green house,
tanaman obat-obatan, kebun, hutan mini dan rumah kompos. Kedua, pengelolaan
wisata lokal dilakukan dengan baik. Pengelolaan tersebut tidak hanya dikerjakan
oleh para tukang kebun dan jajaran guru saja melainkan siswa juga ikut mengelola
terhadap keberlangsungannya objek wisata sebagai sarana pembelajaran bagi
siswa. Ketiga, wisata lokal ini sangat efektif dijadikan sebagai sarana
pembelajaran karena bisa difungsikan sebagai metode pembelajaran Outdor Study
dan Sumber pembelajaran kontekstual.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 142020047 Ulf P
142020047
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142020047 Ulf P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
x,104 hlm, 21X29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2020
Info Detail Spesifik
047
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?