PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DALAM PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA DI MTs MIFTAHUL MUBTADIIN BATU KARANG KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG

MUHAMMAD KHOLIL - Nama Orang;

ABSTRAK

Muhammad Kholil, 2020, Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif Dalam Pengembangan Konsep Diri Siswa Di MTs Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag.

Kata kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif, Pengembangan Konsep Diri

Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Apa saja layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang dilaksanakan untuk pengembangan konsep diri siswa di MTs Miftahul Mubtadiin Batu karang kecamatan camplong kabupaten Sampang? Kedua, Bagaimana Implementasi layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam pengembangan konsep diri siswa di MTs Miftahul Mubtadiin Batu karang kecamatan camplong kabupaten Sampang? Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam pengembangan konsep diri siswa di MTs Miftahul Mubtadiin Batu karang kecamatan camplong kabupaten Sampang?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, Jenis layanan bimbingan dan konseling yang digunakan dalam pengembangan konsep diri siswa, (a) Layanan Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Bimbingan Kelompok, Konseling Individual, Konseling Kelompok, Konsultasi dan Mediasi, (b) Kegiatan layanan yang dilaksanakan secara Klasikal, Kelompok dan Perseorangan. Kedua, Implementasi layanan bimbingan dan konseling komprehensif yaitu (a) Melakukan perencanaan terhadap identifikasi klien dengan menyebarkan instrument IKMS, (b) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dibutuhkan, (c) Melakukan evaluasi dan analisis hasil evaluasi, (d) Melakukan tindak lanjut, (e) Membuat laporan dari layanan bimbingan dan konseling yang sudah dilaksanakan. Ketiga, Faktor pendukung implementasi layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam pengembangan konsep diri siswa meliputi, (a) Penyebaran angket instrument IKMS (b) Kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling, (c). Himpunan data yang dapat mengungkap masalah individu melalui instrument tertentu. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi layanan Bimbingan dan Konseling komprehensif meliputi, (a) Kurang terbukanya siswa terhadap masalah yang dihadapi, (b) Tidak adanya sarana dan prasarana khusus untuk melakukan proses layanan konseling, (c) Tidak adanya supervisi dari pengawas.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 192020028 Muh I
192020028
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192020028 Muh I
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xii+90 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN KARAKTER
Info Detail Spesifik
028
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?