PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JEDA DALAM PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMPN 2 LARANGAN

AHMAD ROMLI - Nama Orang;

Abstrak
Ahmad Romli, Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jeda Dalam Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smpn 2 Larangan, Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing Skripsi Abd. Ghofur, M.Pd.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning teknik jeda.
Teknik jeda merupakan teknik yang tujuannya untuk menenagkan otak, sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran, selain itu siswa juga bisa memikirkan materi apa yang mau di tanyakan kepada guru sehingga siswa bisa memahami materi pembelajaran dan siswa menjadi aktif dalam proses belajar mengajar
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalah yang sering terjadi pada penerapan teknik jeda dalam pembelajaran IPS yaitu, siswa ada yang berbicara sendiri ketika jeda sudah selesai selain itu siswa merasa ketakutan untuk menanyakan materi yang belum di pahami.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitianini adalah guru Ips dan siswa. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan teknik jeda sangat di suka bebrapa siswa dan banyak siswa yang mengungkapakan bahwa teknik itu belum begitu berhasil, teknik jeda memang sering diterapkan karena siswa mengnggap pelajaran ips sangatlah membosankan makanya guru berupaya membuat siswa beranekaragam untuk mencapai suasana belajar yang menyenagkan, 2) manfaat penggunaan tehnik jeda ini sangat lah banyak yaitu : siswa bisa menenangkan pikiran sejenak untuk melepaskan rasa bosandalam pembelajaran. 3) faktor penghambat teknik jeda siswa masihbanyak yang takut untuk bertanya, biasanya setelah teknik jeda siswa ada sebagian yang langsung fokus ada sebagian yangtidak fokus karena masih ingin bercanda dengan temannya.

Abstrak
Ahmad Romli, Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jeda Dalam Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smpn 2 Larangan, Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing Skripsi Abd. Ghofur, M.Pd.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning teknik jeda.
Teknik jeda merupakan teknik yang tujuannya untuk menenagkan otak, sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran, selain itu siswa juga bisa memikirkan materi apa yang mau di tanyakan kepada guru sehingga siswa bisa memahami materi pembelajaran dan siswa menjadi aktif dalam proses belajar mengajar
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalah yang sering terjadi pada penerapan teknik jeda dalam pembelajaran IPS yaitu, siswa ada yang berbicara sendiri ketika jeda sudah selesai selain itu siswa merasa ketakutan untuk menanyakan materi yang belum di pahami.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitianini adalah guru Ips dan siswa. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan teknik jeda sangat di suka bebrapa siswa dan banyak siswa yang mengungkapakan bahwa teknik itu belum begitu berhasil, teknik jeda memang sering diterapkan karena siswa mengnggap pelajaran ips sangatlah membosankan makanya guru berupaya membuat siswa beranekaragam untuk mencapai suasana belajar yang menyenagkan, 2) manfaat penggunaan tehnik jeda ini sangat lah banyak yaitu : siswa bisa menenangkan pikiran sejenak untuk melepaskan rasa bosandalam pembelajaran. 3) faktor penghambat teknik jeda siswa masihbanyak yang takut untuk bertanya, biasanya setelah teknik jeda siswa ada sebagian yang langsung fokus ada sebagian yangtidak fokus karena masih ingin bercanda dengan


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182019027 Ahm I
182019027
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182019027 Ahm I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
ix+59 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI IPS 2019
Info Detail Spesifik
027
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?