PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI PAMEKASAN

Siti Khatijah - Nama Orang;

ABSTRAK

Siti Khatijah, 2019, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd
Kata Kunci: Kooperatif STAD, Mata Pelajaran IPS
Guru merupakan pengelola dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, oleh karena itu guru IPS di SMP Negeri 3 Pamekasan menerapkan pembelajaran kooperatif STAD karena pembelajaran kooperatif membuat siswa merasa mandiri dan saling mengemukakan pendapatnya masing-masing sehingga dalam satu kelompok berdiskusi dan saling bertukaran pikiran sehingga bias mengahargai pendapat orang lain. penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD akan membuat siswanya merasa mandiri dan saling mengemukakan pendapatnya masing-masing sehingga dalam satu kelompok tersebut berdiskusi dan bertukar pikiran terkait materi yang berlangsung dan menghargai pendapat temannya,
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pamekasan. Kedua, Apa kelebihan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, apa kekurangan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru IPS, dan Siswa-siswi SMP Negeri 3 Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPS membuat siswa siswinya salinya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dan menghargai pendapat teman sekelompoknya. Kekurangan dari penerapan ini tidak semua siswa aktif dalam kelompok. Langkah-langkah yang dilakukan Guru IPS dalam pembelajaran IPS kelas VII pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah yang pertama menyampaikan tujuan yang akan dicapai dan memotivasi siswa, yang kedua guru menyajikan informasi, yang ketiga mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok dan guru menentukan kelompok, yang keempat membimbing kelompok belajar, yang kelima guru memberikan evaluasi terkait materi sehingga peserta didik mengerti dan paham, yang terakhir yaitu memberikan apresiasi atau penghargaan dalam belajar kelompok.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182019020 Sit P
182019020
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182019020 Sit P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
xi+65 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2019
Subjek
Pembelajaran Masyarakat
Info Detail Spesifik
020
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?