PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII MTS RIHLATUT THULLAB KECAMATAN CAMPLONG, KABUPATEN SAMPANG

Ahmadin - Nama Orang;

ABSTRAK

Ahmadin, 2019 Judul: “Penerapan Metode Pembelajaran
Group Investigation Pada Pembelajaran Ips Terpadu Pada Siswa Kelas VII Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.” Skripsi Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Hasan Basri, M. Pd

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation, dan IPS

Dalam menerapkan suatu metode pasti seorang pendidik menpunyai langkah-langkah tersendiri dalam mangaplikasikan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilakukan oleh guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, yang memiliki cara atau langkah tersendiri dalam mengaplikasikan strateginya dalam mengajar, yang mana guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang menggunakanmetode group investigation pada mata pelajaran IPS.
Sesuai konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Kedua, apa saja kesulitan dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Ketiga, bagaimana solusi dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis deskriftif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangan keabsahan pengecekan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam proses penerapan metode group investigation ada beberapa langkah rencana belajar yaitu yaitu: a). pre- teaching, b). whilst teaching, dan c). post- teaching. Kedua, kesulitan-kesulitan guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). dari faktor internal dan b). faktor eksternal. Ketiga, sedangkan solusi guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). memberikan tugas. b). kadang diberikan artikel yang diambil dari media untuk dibaca yang berkaitan dengan materi pelajaran, dan c). selain itu juga melatih siswa yang kecerdasannya masih jauh dari temannya.
ABSTRAK

Ahmadin, 2019 Judul: “Penerapan Metode Pembelajaran
Group Investigation Pada Pembelajaran Ips Terpadu Pada Siswa Kelas VII Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.” Skripsi Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Hasan Basri, M. Pd

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation, dan IPS

Dalam menerapkan suatu metode pasti seorang pendidik menpunyai langkah-langkah tersendiri dalam mangaplikasikan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilakukan oleh guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, yang memiliki cara atau langkah tersendiri dalam mengaplikasikan strateginya dalam mengajar, yang mana guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang menggunakanmetode group investigation pada mata pelajaran IPS.
Sesuai konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Kedua, apa saja kesulitan dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Ketiga, bagaimana solusi dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis deskriftif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangan keabsahan pengecekan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam proses penerapan metode group investigation ada beberapa langkah rencana belajar yaitu yaitu: a). pre- teaching, b). whilst teaching, dan c). post- teaching. Kedua, kesulitan-kesulitan guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). dari faktor internal dan b). faktor eksternal. Ketiga, sedangkan solusi guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). memberikan tugas. b). kadang diberikan artikel yang diambil dari media untuk dibaca yang berkaitan dengan materi pelajaran, dan c). selain itu juga melatih siswa yang kecerdasannya masih jauh dari temannya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182019016 Ahm P
182019016
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182019016 Ahm P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
x+69 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2019
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
Info Detail Spesifik
016
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?