PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII IPS DI MTsN 3 PAMEKASAN

Alfiatul Munawaroh - Nama Orang;

ABSTRAK

Alfiatul Munawaroh, 2019, Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPSs Terpadu Kelas VIII IPS di MTsN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi TIPS, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura Pembimbing: Siti Azizah M.Pd
Kata kunci : problem based learning, kemampuan berpikir kritis .
Model pembelajaran berbasis masalah mampu mengembangkan keterampilan peserta didik untuk belajar secara mandiri, mengembangkan keterampilan, meneliti dan kemampuan memecahkan masalah, membentuk prilaku dan keterampilan sosial. Serta membentuk siswa berpikir kritis.
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran IPS terpadu di MTsN 3 Pamekasan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di MTsN 3 Pamekasan.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas VIII IPS dipengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Penerapan problem based learning yaitu yang pertama siswa dibekali dengan teori yang kedua diberikan persoalan masalah yang akan dibahas yang ketiga dibentuk kelompok kemudian siswa diminta untuk mencari solusi dengan cara mencari melalui internet, buku-buku di perpustakaan dan lain sebagainya.
Faktor pendukung dalam berpikir kritis yaitu kemauan siswa yang sangat giat untuk belajar dan kemampuan siswa dalam belajar, sedangkan faktor penghambat dalam berpikir kritis yaitu kemaun siswa dan kemampuan siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182019012 Alf P
182019012
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182019012 Alf P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
xi+56hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MODEL PEMBELAJARAN
Info Detail Spesifik
012
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?