PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI SMP NURUL HIKMAH TLANAKAN PAMEKASAN

Ahmad Minhaji - Nama Orang;

ABSTRAK

Ahmad Minhaji, 2019, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan) Di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Muhammad Kosim, M. Ag.

Kata kunci: prestasi belajar, pendidikan, PAKEM

Pendidikan memiliki peranan penting dalam upaya mencapai kesejahteraan bangsa , maka bentuk pembaharuan dalam meningkatkan prestasi belajar perlu dilakukan agar cita-cita meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam harus dilakukan. Salah satu bentuk pembaharuan sistem pembelajaran dalam pendidikan agamaIislam adalah dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM, model pembelajaran ini memiliki kelebihan dalam menciptakan suasana belajar lebih nyaman dan kondusif, sehingga guru bisa berinovasi dalam mengelola kelas demi menunjang peningkatakan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan prestasi belajar pada PAI di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan? Kedua, apa faktor yang mendorong diterapkannya model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan? Ketiga, apa saja faktor yang dapat menghambat penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dimana sumber data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, serta siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dat, analisis kasus dan uraian terperinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, penerapan model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di SMP Nurul Hikmah Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih efektif dan efesien. Dengan metode ini, siswa lebih aktif, konsentrasi dan peka terhadap materi. Kedua, faktor yang mendorong penerapan model pembelajaran PAKEM, yakni motivasi serta upaya pihak sekolah, baik guru, kepala sekolah, serta siswa, untuk bersama-sama meningkatkan hasil belajar pada pelajaran PAI. Ketiga, faktor penghambat penerapan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa paada pelajaran PAI, yakni sarana dan prasarana serta kesiapan siswa untuk ikut aktif mendukung optimalisasi metode tersebut.
Agar prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan secara optimal, maka pengelola pendidikan senantiasa harus berupaya meningkatkan, mendukung dan memfasilitasi sistem pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan agama Islam.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112019095 Ahm U
112019095
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112019095 Ahm U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
ix+95 hlm, 21X29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2019
Info Detail Spesifik
095
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?