PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN SAMBIL BERNYANYI DI TK PERTIWI CABANG KABUPATEN PAMEKASAN

Rika Ratih Fatmawati - Nama Orang;

ABSTRAK
Rika Ratih Fatmawati, 2019, Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini melalui Metode Bermain sambil Bernyanyi di TK Pertiwi Cabang Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Muliatul Maghfiroh, M. Pd. I.

Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Metode Bermain sambil Bernyanyi.

Salah satu aspek pendidikan yang bisa ditanamkan sejak usia dini yaitu kecerdasan intelektual, karena kecerdasan intelektual berkaitan dengan kemampuan intelektual, analisa, logika, dan rasio. Ia merupakan kecerdasan untuk menerima, menyimpan dan mengolah informasi menjadi fakta. IQ (Intelligence Quotient) adalah kemampuan atau kecerdasan yang didapat dari hasil pengerjaan soal-soal atau kemampuan untuk memecahkan sebuah pertanyaan dan selalu dikaitkan dengan hal akademik seseorang. Kecerdasan intelektual bisa ditanamkan sejak usia dini melalui metode bermain sambil bernyanyi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan intelektual anak usia dini melalui metode bermain sambil bernyanyi di TK Pertiwi Cabang Kabupaten Pamekasan; Kedua, Apa saja faktor pendukung peningkatan kecerdasan intelektual anak usia dini melalui metode bermain sambil bernyanyidi TK Pertiwi Cabang Kabupaten Pamekasan; Ketiga, Apa saja faktor penghambat peningkatan kecerdasan intelektual anak usia dini melalui metode bermain sambil bernyanyi di TK Pertiwi Cabang Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala TK Pertiwi Cabang Kabupaten Pamekasan dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, triangulasi, dan kecukupan referensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dengan bermain sambil bernyanyi anak dilatih untuk berfikir, memecahkan masalah, mampu merangsang perkembangan berbahasa dan melatih anak didik berinteraksi dengan lingkungannya sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan intelektual anak didik. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan anak didik yang mana pada pra siklus penelitian diketahui anak didik yang mencapai standar penilaian berkembang sangat baik hanya ada 3 anak atau 15% dari semua anak didik yang berjumlah 20 anak. Kemudian pada siklus I anak yang memiliki keaktifan berkembang sangat baik bertambah menjadi 7 anak atau 35% dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 16 anak didik atau 80% anak didik telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan. Kedua, faktor pendukung peningkatan kecerdasan intelektual malalui metode bermain sambil bernyanyi diantaranya, guru dan sarana dan prasarana. Ketigafaktor penghambat peningkatan kecerdasan intelektual malalui metode bermain sambil bernyanyiyaitu guru yang tidak bisa menarik perhatian anak didik sehingga anak didik merasa bosan pada saat pembelajaran. 


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 162019005 Rik M
162019005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162019005 Rik M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
xv+139 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PIAUD 2019
Info Detail Spesifik
005
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?