PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI METODE TABARAKDALAM PEMBELAJARANTAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK USIADINIDI PAUD HIDAYATUT THULLABDESA BAPELLE KECAMATAN ROBATAL KABUPATEN SAMPANG

Siti Mawaddatur Rohmah - Nama Orang;

ABSTRAK

Siti Mawaddatur Rohmah, 2019, Impelementasi Metode Tabarak Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di PAUD Hidayatut Thullab Desa Bapelle Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.Pd

Kata Kunci:MetodeTabarak, Tahfidz Al-Qur’an, AnakUsiaDini

Pendidikan anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan yaitu tujuanpendidikannasionalpadadasarnyaadalahmencetakgenerasimanusia yang berimandanbertaqwakepadaTuhan yang MahaEsa. Salah satucara yang dapatdilakukanadalahdenganmemperkenalkan Al-Qur’an padaanaksejakusiadini.Menghafal Al-Qur’an merupakan keistimewaan dan kelebihan buat seorang Muslim.Markaz Tabarak merupakan program pembelajaran yang bertujuan untuk menjadikan anak-anak menghafal Al-Qur’an pada usia kecil dengan megarahkan mereka agar menjadi generasi yang bermanfaat bagi diri mereka, masyarakat, dan Negara.
Fokus penelitian ini adalahbagaimana implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’anpada anak usia dini di PAUD Hidayatut Thullab, Desa Bapelle Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang,kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’an pada anak usia dini, dan cara mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’anpada anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperolehmelelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi, informennya yang dianggapmenguasaibidang yang ditelitioleh peneliti adalah kepala sekolah, dangurukelas.Sedangkanpengecekankeabsahan data melauiketekunandantriangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’an pada anak usia dini di PAUD Hidayatut Thullabpenerapannya dimulai dari surah an-Naba’ dari Juz ‘amma dengan urutan sesuai urutan di mushaf, bukan dimulai dari surah-surah pendek seperti pada umumnya. Metode yang digunakanadalahdenganmetodetalqinberulang-ulanghingga 20 kali setiapharinya. Setelahmentalqin, mendengarkanbacaanayattersebutdarirekaman CD para qari’ terkenal, yakni al-Hushari, al-Minshawy, as-Sudaisdanasy-Syuraim. Hinggaanak khatam Juz ‘Ammaselamaenamsampaitujuhbulan. (2) kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’an pada anak usia dini adalah Minimnya waktu dalam proses belajar mengajar dan Kurangnya media pembelajaran.(3) cara mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’anpada anak usia dini guru mengoptimalkan waktu yang tersedia agar proses KBM lebih efektif dan efisien, dan melengkapi media yang dibutuhkan dalam mengajar agar guru lebih mudah dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan.
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr. Wb.
Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat, Hidayah, dan Ridlo-Nya sehingga penelitian yang penulis lakukan berjalan dengan lancar dan hasil karya berupa skripsi ini bisa terwujud secara nyata dan realistis.
Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan seluruh keluargannya, dan para sahabatnya, yang telah membawa ummatnya dari alam kebodohan menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Penulis menyadariakankemampuanpenulis yang sangatterbatassehinggadalampenyusunanskripsiinimembutuhkanbantuandariberbagaipihak. Olehkarenaitu, dalamkesempataninipenulisinginmenyampaikanucapanterimakasihkepada:
1. Dr. H. Muhammad Kosim, M.AgselakuRektorInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
2. Dr. H. Atiqullah, S. Ag., M. PdselakuKetuaJurusanTarbiyahInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
3. Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.PdselakuKetua Program StudiPendidikan Islam AnakUsiaDiniInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
4. Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.PdselakuDosenPembimbing yang telahmendidik, membimbingdanmengarahkanpenulisdalammenyelesaikanskripsiini.
5. SeluruhDosenInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. yangtelahmemberikanilmupengetahuannyakepadapenulis.
6. Hj. Aprina Levy Wulandari, Lc, ME selaku KepalaPAUD HidayatutThullabdansegenapdewan guru yang telahbanyakmembantusertameluangkanwaktunyamemberiidzinkepadapenulisuntukmelakukanpenelitian.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 162019002 Sit I
162019002
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162019002 Sit I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
x+97 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PIAUD 2019
Info Detail Spesifik
002
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?