PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ASPEK SOSIO EMOSIONAL ANAK DI TK DHARMA WANITA TLANAKAN 1 PAMEKASAN

Rofikatul Mukarromah - Nama Orang;

ABSTRAK

Rofikatul Mukarromah, 2019, Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Aspek Sosio Emosional Anak Di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi PIAUD, Jurusan Tarbiyah, Dosen Pembimbing: Nina Khayatul Virdyna, M.Pd

Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Sosio Emosional Anak

Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apakah jenis evaluasi pembelajaran sosio emosional anak di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan. (2) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran sosio emosional anak di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan.(3) bagaimana peran guru dalam evaluasi pembelajaran sosio emosional anak di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan. Dan (4) Apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi evaluasipembelajaran di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan.

Sedangkantujuandaripenelitianiniyaitu:(1) Untukmengetahuijenisevaluasipembelajaransosio emosionalanak di TK Dharma WanitaTlanakan 1 Pamekasan, (2) Untukmengetahuievaluasipembelajaransosioemosionalanak di TK Dharma WanitaTlanakan 1 Pamekasan, (3) Untukmengetahuiperan guru dalamevaluasipembelajaransosioemosionalanak di TK Dharma WanitaTlanakan, (4) Untukmengetahui faktor-faktor yang mempengaruhievaluasipembelajaran di TK Dharma WanitaTlanakan 1 Pamekasan.

Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitudengancara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, Wali murid dan masyarakat.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang pengamatan, ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.

Hasildari penelitian Menunjukkan Bahwa: (1)jenisevaluasipembelajaranbaikformatifdansumatifsangatpenting di lakukankarenadapatmengetahuitumbuhkembanganakusiadinibaikdalamaspek 6 bidangpengetahuandiantaranyanilainorma agama,kognitif, bahasa, fisikmotorik, sosioemosionaldanseni. Sehinggadapatmenghasilkannilaiatau data evaluasiperkembanganpadasetiapanak.(2)teknik evaluasi pembelajaran dalampendidikananakusiadinisangat di perlukanbaiktertulismaupunlisankarenadapatberpengaruhdayaingatanak, kemampuandalamberpikiranak, motorikhalusdankasarpadatekniktersebutanakakanmerasakanperasaangembira, lucudanmengasikkansehinggaanakmudahmerangsangdayapikirnyadengantekniktersebutmakaanakbisamengetahuidanmemahamiapa yang di sampaikanoleh guru. (3)peran guru dalampendidikananakusiadini, yaitu guru menjadiperanutamaatau orang tuadi sekolahuntukmengajari, membimbing, mengarahkan. Guru jugasebagaimotivator supaya guru dapatmemberikangambaranatauperumpamaan yang nyata agar anakmempunyaikeinginan yang besaruntukbisamenggapaicita-cita, guru sebagaipenyemanga, agar anakdapatsemangatbelajarnyabahkan guru menjadi role model supayaanakdapatmenirucaraberpakaian yang baik,rapi, dansopankarenahalinidapatberpengaruhdalam sosio emosional anak baikdisiplin, tertib, danberakhlakulkarimah.(4)faktor yang mempengaruhi perkembangan sosio emosional pada anakyaitu : suasana yang tidak kondusif dan tidak menyenangkan, alat permainan edukatif di dalam kelas maupun di luar kelas, alat peraga, dan sarana dan prasana yang sangat memadai. Sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar. Lingkungan keluarga juga bisa mempengaruhi perkembangan anak bahkan pembawaan atau keturunan dari orang tua.






Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 162019001 Rof A
162019001
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162019001 Rof A
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
xi+70 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PIAUD 2019
Info Detail Spesifik
01
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?