PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 2 PAMEKASAN

KHOIRUN NISAK - Nama Orang;

ABSTRAK
Khoirun Nisak, 2019, Strategi Komunikasi dalam Pemasaran Mutu Pendidikan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemasaran Mutu

Komunikasi merupakan komponen yang sangat penting bagi seseorang dalam pergaulan sosial maupun dalam hubungan kerja. Dari komunikasi itu bisa diperoleh susana yang akrab dan harmonis, bahkan terkadang bisa mendamaikan dua pihak yang bertikai. Namun, bisa juga sebaliknya, terjadi pertentangan, benturan, atau permusuhan karena komunikasi yang salah. Peran komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan merupakan interaksi positif yang harus dibangun oleh stakeholder pendidikan dalam menjaga kelangsungan hidup lembaga, bukan hanya tugas dari hubungan masyarakat (humas) saja, akan tetapi hendaknya komunikasi yang baik akan menjaga kuantitas siswa dari masa ke masa sebagai nilai tawar terhadap lembaga pendidikan yang masih dipercaya masyarakat untuk mengelola dan mengembangkannya menjadi lebih baik, sehingga output yang dihasilkan bermutu dan berkualitas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat (4) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pola komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan; kedua, Apa saja unsur-unsur yang mempengaruhi pola komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan; ketiga, Bagaimana gambaran efektifitas strategi komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan; keempat, Apa saja kendala dan hambatan dalam melakukan komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, Tata Usaha (TU), dan sebagian guru yang terlibat dalam kegiatan komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui derajat keterpercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan terdapat dua pola komunikasi yang pertama berhubungan dengan siswa, meliputi bidang akademik dan non akademik. Yang kedua berhubungan dengan sekolah itu sendiri, meliputi ciri khas yang dimiliki sekolah. Kedua, unsur-unsur yang mempengaruhi pola komunikasi yaitu sekolah harus memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan sekolah harus mempunyai ciri khas. Ketiga, gambaran efektifitas strategi komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan yaitu, meningkatnya jumlah peserta didik setiap, komunikasi yang baik dengan masyarakat, dan prestasi yang diraih oleh siswa. Keempat, kendala dan hambatannya dari faktor pendanaan, faktor tim khusus komunikasi pemasaran, dan faktor geografis.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 142019005 Kho S
142019005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142019005 Kho S
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
21 x 29.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2019
Info Detail Spesifik
05
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?