PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMP AL-FAQIH SUMBER NYAMPLONG KOWEL PAMEKASAN

BADRUD TAMAM - Nama Orang;

ABSTRAK
Badrud Tamam, 2019. Pengelolaan Pembelajaran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, yang disusun oleh Badrud Tamam. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing: Drs. H. Zainul Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran
SMP Al-Faqih Somber Nyamplong Kowel Pamekasan merupakan salah satu lembaga tingkat menengah yang secara langsung berada di bawah naungan pondok pesantren yang ada di kecamatan Pamekasan. Lembaga tersebut pada saat ini sedang melakukan upaya-upaya peningkatan mutu pembelajaran seperti melakukan perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam Rencana Program Pembelajaran (RPP), penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan materi dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun dalam beberapa upaya yang dilakukan mengalami peningkatan hasil dan proses kegiatan pembelajaran, akan tetapi harapan dan ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataannya, karena masih adanya kendala-kendala yang dijumpai, sehingga dalam kegiatan pengelolaan pembelajaran kurang optimal.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana pengelolaan pembelajaran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, b) Bagaimana hasil pengelolaan pembelajaran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, c) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara , observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang di teliti oleh peneliti, seperti pendidik dan Siwa di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. Pengelolaan pembelajaran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, yaitu 1) Guru melakukan perencanaan terlebih dahulu dengan menetapkan sasaran tujuan pengajaran yang jelas dan konkret, 2) Guru melakukan pengorganisasian strategi belajar dengan menetapkan jenis metode, media, sumber belajar dan fasilitas belajar mengajar, 3) Guru menetapkan waktu secara terperinci dan berusaha membimbing serta memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif belajar, 4) Guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran, 5) Guru kreatif menerapkan sikap disiplin atau pembiasaan di kelas. b. Hasil pengelolaan pembelajaran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan yaitu, 1) Siswa lebih aktif dan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan, 2) Siswa mampu meningkatkan pengetahuannya terhadap materi yang sudah dan yang akan di sampaikan guru, 3) Siswa mampu menganalisis materi yang sudah dijelaskan, 4) Siswa mampu meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, 5) Siswa memiliki minat dan motivasi untuk belajardan, c. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajran di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. 1) Faktor pendukungnya yaitu; a) Kegiatan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan, b) Siswa memiliki minat dan motivasi untuk belajar yang lebih baik, c) Adanya diklat dan penataran bagi guru, d) Guru menguasai bahan pelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif. 2) Faktor penghambat strategi pengelolaan pembelajaran di SMP Al-Faqih yaitu; a) Faktor lingkungan yang ada dibawah naungan pondok pesantren, b) Minimnya sarana dan prasarana yang memadai


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 142019003 Bad P
142019003
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142019003 Bad P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
xii+76 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2019
Info Detail Spesifik
003
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?