PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN RESPON BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 PADEMAWU PAMEKASAN

HOSNOL FATIMAH - Nama Orang;

ABTRAK
Hosnol Fatimah, 2019, Penerapan Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Respon Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pademawu Pamekasan, skripsi, jurusan tarbiyah, program studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, penbimbing: Dr. Edi Susanto, M.FiI.I
Kata kunci:penerapaninovasipembelajaran, respon, Pendidikan Agama Islam.

Tugas guru sebagaisuatuprofesimenuntutguru untukmengembangkanprofesionalitasdirisesuaiperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Mendidik, mengajar, danmelatihanakdidiadalahtugas guru sebagaisuatuprofesi.Tugas guru sebagaipendidikberartimeneruskandanmengembangkannilai-nilaihidupkepadaanakdidik.Tugas guru sebagaipengajarberartimeneruskandanmengembangkanilmupengetahuandanteknologikepadaanakdidik.Tugas guru sebagaipelatihberartimengembangkanketerampilandanmenerapkannyadalamkehidupan demi masadepananakdidik. Dan jugadalam proses pembelajaran guru harusbisamenerapkanberbagaitekhnikpembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswasehinggadenganadanyateknikpembelajaran yang dilakukanolehseorang guru siswamenjadisemangatbelajar. Denganadanyaterombosan-terombosanbarudalamduniapendidikanuntukmeningkatkanresponbelajarsiswa, SMPN 2 Pademawutelahmenggunakaninovasipembelajarandalam proses belajarmengajar. sehinggadenganpenerapaninovasipembelajaraninisiswamenjadibertambah respond an semangatdalammengikuti proses pembelajaran.
Ada tigapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini.Pertama, bagaimanapenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan.Kedua, faktor-faktorapasaja yang mendukungdanmenghambatpenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajaransiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan. Ketiga, upayaapasaja yang dilakukanolehdalammenghadapikendalapenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan.
Pendekatan yang dilakukandalampenelitianadalahpendekatankualitatif, karenapenelitiinginmengetahuifenomena yang adadilapangandengansecaralangsung.Jenispenelitiannyaadalahdeskriptifanalisis.Sumber data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkansumber data adalah guru PAI.SiswadanKepalaSekolahSMPN 2 PademawuPamekasan.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamanan, triangulasi ,dananalisiskasus negative.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1)penerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamataPelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan.Sangatantusiasdanberjalandenganbaikbahkanmendapatkanresponpositifdarisiswa.banyaksiswa yang sukadansenangdenganadanyapenerapaninovasipembelajaranini. Denganadanyapenerapaninovasiiniresponbelajarsiswamenjadisemanagatdanlebihbaikdikarenakan guru dalammemberikantekhnikpembelajaraninovasiinikepadasiswadapatmengembangkanpolapikirsiswamenjadiberkembang.
2). Faktorpendukungnyaadalahsaranadanprasarana yang cukupbaik di SMPN PademawuPamekasan. Sedangkanmasalahfaktorpenghambatmemangadadalamsetiappenggunaantekhnikpembelajaran yang dilakukanoleh guru dalam proses pembelajaran. yangmenjadisalahsatupenghambatterhadappenerapaninovasipembelajaraniniadalahpolapikirsiswa yang masihanak-anak, dansifategois yang selalumunculketika proses belajarmengajarsedangberlangsung.
3) yangmenjadikendalautamadisiniadalahkarakterseorangsiswa yang berbeda-beda dab sifatkekanak-kanaansertasifatkeegoisansiswa.Untukmemperbaikinyaseorang guru PAI SMPN 2 PademawuPamekasanmempunyaiinisiatifsebisamungkindituntutuntukbisamemahamikarakteratausifatsiswa.Ketikaseorang guru memahamihaltersebut guru bisamengetahuisiswa yang mana yang lebihaktifketika guru menggunakanmetode yang berikan.Dan juga guru harusmemberikanmotivasiatauarahan yang mendorongsiswatersebutmenjadiaktifdalamperosesbelajaramengajar.

Saran-Saran yang dapatpenulissampaikanadalahsebagaiberikut:
1. Bagisiswa/murid, agar lebihbersemangatatauantusiasdalammengikutisetiapmatapelajaran yang sedangberlangsung di SMPN 2 Pademawu, agar semuamurid di SMPN 2 Pademawumenjadimanusia yang memilikipengetahuandankpribadian yang baik.
2. Bagi guru-guru SMPN 2 Pademawuhendaknyamemberikansuatucontoh yang baikbagimurid-muridnya. Dan jugaseorang guru harusmenggalipembaruan yang barudalam proses pembelajaransertasebagai motivator kepadamurid-muridnya.
3. Bagikepalasekolah SMPN 2 Pademawu, sebaiknyalebihproaktifdalammenumbuhkembangkansemangatbelajaranak. Dan jugalebihmemperketatterhadappengawasandilingkungansekolah agar anaktidaksalahdalammemilihlingkungan.Serta harusmemberikanmotivasikepadamurid.
4. BagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianataumelanjutkanpenelitiantentangpenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam. Dalamtopik yang berbedadandilapangan yang berbeda


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112019005 Hos P
112019005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112019005 Hos P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
x+114 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2019
Info Detail Spesifik
005
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?