PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Bandaran Tlanakan Pamekasan)

Ina Mardiyah - Nama Orang;

Ina Mardiyah, 2018 Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Bandaran, Tlanakan Pamekasan), Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Mohammad Bashry asy’ari MA.,Phil

Kata Kunci: strategi, pengembangan pasar, kepuasan pedagang dan ekonomi islam

Pasar tradisional adalah salah satu titik tumpu perekonomian masyarakat. Sedangkan pasar tradisional identik dengan kumuh, bau, kotor dan sebagainya. Perlunya strategi pengembangan pasar tradisional agar pasar tradisional tetap menjadi pilihan pembeli untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pengembangan pasar memang tidaklah mudah, penambahan kios dipasar memakan biaya yang tinggi, pasar yang ingin berkembang dengan bantuan pemerintah melalui kebijakan penambahan kios hendaknya tidak hanya sekedar menghasilkan kemajuan yang nampak dari segi fisik yang nyaman saja. Akan tetapi harus memperhatikan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dengan konsistensinya pada segi respon petugas pasar, monitoring serta evaluasi program. Dengan demikian dapat tercapai tujuan dengan efektif dan memuaskan. Dalam teori lovelock tentang kepuasan pelayanan dan jasa terdapat lima variabel dimensi kepuasan pelayanan dan jasa diantaranya Reliability (keandalan), Responsiveness (cepat tanggap), Assurance (jaminan), Empaty (empati), Tangible (keberwujudan) untuk mengukur sebuah kepuasan yang dialami seseorang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di pasar tradisional bandaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang dalam perspektif ekonomi islam dilakukan dengan lima variable yang terdapat pasca pengembangan pasar dilaksanakan. variable tersebut meliputi keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati dan keberwujudan.
Para pedagang belum merasa puas kerena sistem penindak lanjutan keluhan lambat dan hal ini bisa merugikan pedagang, dan pengawasan kurang ketat yang berakibat pedagang diperlakukan tidak adil , sarana prasarana belum optimal dan kesejaheteraan pedagang dalam hal pendapatan tidak maksimal (menurun). kepuasan pedagang menurut perspektif ekonomi islam kurang sesuai dengan ekonomi islam kerena dalam islam kita harus Amanah (Tanggung Jawab dan Kepercayaan) Amanah menjadi misi hidup setiap muslim.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 322018080 Ina S
322018080
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322018080 Ina S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2018
Deskripsi Fisik
67 hlm, 21x29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI ES 2018
Info Detail Spesifik
080
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?