PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PELAKSANAAN PENDIDIKAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN DI LANGGAR RUMAH SINGGAH AL-ISLAM PERUMAHAN PERMATA SELONG PERMAI SAMPANG

MOHAMMAD HAFID - Nama Orang;

ABSTRAK


Mohammad Hafid, 2018, pelaksanaan pendidikan tahfidzul Al-Qur’an di Langar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang, Skripsi, Program Studi PAI Jurusan Tarbaiyah, STAIN Madura, Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M.Pd

Kata Kunci : Pendidikan, Tahfidzul Al-Qur’an

Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa yang memotivasi pengasuh Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai SampangdalammenyelenggarakanpendidikanTahfidzul Al-Qur’an; kedua, metode apa yang digunakan dalam pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang; ketiga, Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan Pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumberdata diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kyai, nyai, ustad, ustadzah, santri dan wali santri LanggarRumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, yang memotivasipengasuh Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai SampangdalammenyelenggarakanpendidikanTahfidzul Al-Qur’an, adalaha) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Alaq ayat 1, b) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Qomar ayat 20, seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 79, c) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Fatir ayat 32,d) Al-Hadits tentang kewajiban menyampaikan islam ” Ballighu anni walau ayah “,e) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu Al-Qur’an memberikan syafa’at kepada penjaganya, f) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu penghafal Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda,g) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu menjadi keluarga Allah, h) digolongkan sebagai orang-orang pilihan yang mulia bersama Nabi dan Syuhada, i) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu akan dipakaikan mahkota kehormatan dan jubah karamah serta mendapat keridhaan Allah, j) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu dapat memberi syafa’at kepada keluarganya, k) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu derajat syurga bergantung dari banyaknya kuantitas dan kualitas pengamalan dari hafalan Al-Qur’an, l) cita-cita yang sudah tertanam sejak Madrasah Tsanawiyah, m) sebagai bentuk untuk meneruskan keinginan orang tua dan sebagai wujud bakti kepadanya,n) sebagai ikhtiar untuk membumikan Al-Qur’an; Kedua, Metode yang digunakan dalampelaksanaanpendidikanTahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampangyaitu metode Jama’ah atau pengelompokan dan One Day AyatAl-Qur’an; Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an adalah a) dukungankyai,b) Kesabaran ustad dan ustadzah dalam mengajar, c) penggunaan media pembelajan, pemberian reward¬, d) adanya prinsip-prinsip pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an yang jelas,dan e) sering melakukan pengulangan hafalan di rumah
. Adapun faktor penghambat Pelaksanaan pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an di Langgar Rumah Singgah Al-Islam Perumahan Permata Selong Permai Sampang yaitu a) ketidakdisiplinan guru atau ustad, b) minimnya sebagian minat santri, c) santri yang sering terlambat,d) ketidakkonsistenan dalam sistem kepengurusan langgar,dan e) tidak mendengarkan nasihat orang tua dalam menghafalkan Al-Qur’an.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI PAI 2018) 112018053 Moh P
112018053
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018053 Moh P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2018
Deskripsi Fisik
xiii+95 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2018
Info Detail Spesifik
53
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?