PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTsN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN

NUR HASANAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Nur Hasanah, 2018. “Strategi Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Siswa di MTsN Sumber Bungur Pakong Pamekasan”, Skripsi, Program Studi MPI, JurusanTarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag. M.Pd.
Katakunci: strategi kepala madrasah, pembentukan karakter, siswa.
Kepala Madrasah merupakan pemimpin yang mengendalikan orang banyak sebagai bawahannya.Bila figur kepala madrasah yang benar-benar profesional, maka dapat menghasilkan berbagai keuntungan, seperti kemajuan, citra baik, respon positif bagi masyarakat, penghargaan dari negara, peningkatan prestasi, dan sebagainya. bila figur kepala madrasah tidak profesional maka, justru akan mendatangkan berbagai kerugian. Seperti, kemerosotan kualitas, penurunan prestasi, citra buruk, respon negatif dari masyarakat, konfliktidak sehat, dan sebagainya. Begitu juga dalam pembentukan karakter siswa, jika hal itu tidak diperhatikan oleh kepala madrasah maka akan berdampak buruk baik bagi lembaga maupun siswa. Untuk itu, kepala madrasah harus melakukan berbagai upaya pembentukan karakter siswa agar memiliki watak, tabiat, dan akhak yang baik dengan berbagai usaha dan proses yang maksimal. Untuk itu, peranan strategis kepala madrasah sangatlah dibutuhkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalm membentuk karakter siswa di MTsN Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam membentuk karakter siswa; ketiga, Apa saja faktor pendukung dan menghambat dalam membentuk karakter siswa; keempat, Bagaimana hasil dari upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam membentuk karakter siswa di MTsN Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan penekunan, triangulasi, dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama: perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam membentuk karakter siswadiawali dengan kegiatan EDM (Evaluasi Diri Madrasah), RKM (Rencana Kerja Menengah), dan RKT (Rencana Kerja Tahunan).Kedua: upaya kepala madrasah dalam membentuk karakter siswa meliputi pembiasaan berjabat tangan, rutinitas upacara hari senin, rutinitas baca Al-Qur’an,asmaul husna&do’a, program SEREP (Silent Reading Program), shalat berjamaah, program SKIM (Standart Kecakapan Ibadah Mahdhah), buku priadi siswa,dan pembiasaan hidup bersih. Hal itu bertumpu pada visi dan misi madrasah. Ketiga:Adapun faktor pendukungnya adalah fasilitas madrasah, siswa, para guru, orang tua siswa &masyarakat sekitar. Faktor penghambatnya adalah fasilitas mushollah, pelanggaran aturan, guru membiarkan siswa tidak mentaati aturan, lingkungan masyarakat, orang tua siswa. Keempat: hasil dari upaya kepala madrsah dalam membentuk karakter siswa diantaranya: akhlak siswa semakin baik, siswa gemar membaca, siswa berprestasi, rajin beribadah, disiplin, terbiasa hidup bersih & cinta lingkungan madrasah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI MPI 2018) 142018014 Nur S
142018014
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142018014 Nur S
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2018
Deskripsi Fisik
xii+102 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2018
Info Detail Spesifik
014
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?