PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

POLA PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI DUSUN ARES TENGAH DESA TALANG KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP.

DINA YULIANTINA - Nama Orang;

Dina Yuliantina. 2016. “Pola Pendidikan Anak dalam Keluarga di Dusun Ares Tengah Desa
Talang Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Pembimbing:
Dr. Mohammad Thoha. M.Pd.I.
Kata Kunci: Pola Pendidikan, Anak, Keluarga.
Pendidikan keluarga berpengaruh terhadap pendidikan anak, pendidikan keluarga
menjadi dasar terhadap proses pendidikan anak selanjutnya karena segala sesuatu yang
diajarkan oleh orang tua akan menjadi watak bagi anak. Keluarga (orang tua) merupakan
pendidik pertama bagi anak, seorang pendidik yang bijaksana, sudah tentu akan mencari
metode atau cara alternatif yang lebih efektif dan efisien untuk melaksanakan pendidikan
keluarga bagi anak-anak mereka
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana cara orang tua melaksanakan pendidikan pada
anak dalam keluarga di Dusun Ares Tengah Desa Talang Kecamatan Saronggi Kabupaten
Sumenep. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi orang tua dalam
melaksanakan pendidikan pada anak dalam keluarga di Dusun Ares Tengah Desa Talang
Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Ketiga, upaya apa saja yang dilakukan oleh orang
tua untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendidikan pada anak dalam keluarga di
Dusun Ares Tengah Desa Talang Kecamatan Saronggi Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang
diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah
orang tua (bapak dan ibu), dan anak. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi
data, display data (penyajian data), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan) sedangkan
tehnik pengecekan keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
peneliti, triangulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, cara yang dilakukan oleh orang tua
dalam melaksanakan pendidikan pada anak dalam keluarga di dusun Ares Tengah Desa
Talang Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep yaitu dengan cara: a)
Mendidik/menyampaikan pendidikan kepada anak sejak usia dini b) Menasehati, memberikan
perhatian serta pujian pada sikap anak yang baik c) Membiasakan prilaku yang baik dalam
kehidupan sehari-hari. Seperti melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa ketika bulan
ramadhan, menghormati orang yang lebih tua, berprilaku jujur dll. d) Memberikan
contoh/tauladan yang baik kepada anak. e) Mengontrol kegiatan anak sehari-hari. f)
Menegur, memarahi dan terkadang mencubit ketika anak melakukan kesalahan. Kedua,
faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam melaksanakan pendidikan pada anak
dalam keluarga di Dusun Ares Tengah Desa Talang Kecamatan Saronggi Kabupaten
Sumenep diantaranya: a) Faktor pendukung yaitu: 1) Kesadaran orang tua bahwa mendidik
anak merupakan kewajiban. 2) Keinginan orang tua untuk menjadikan anak mereka orang
yang baik dan sukses. Sedangkan faktor penghambatnya ada 5 yaitu: a) Anak sulit memahami
apa yang disampaikan orang tua (Ta’ toro’ Oca’). b) Anak masih terlalu senang untuk
bermain. c) Orang tua terlalu sibuk bekerja. d) Pengaruh tayangan televisi. e) Keadaan
lingkungan sekitar yang kurang kondusif Ketiga, upaya yang dilakukan orang tua untuk
mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendidikan pada anak dalam keluarga di Dusun Ares
Tengah Desa Talang Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep yaitu: a) Selalu memperingati
dan membiasakan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari anak b) Melarang anak untuk
terlalu banyak bermain. c) Meluangkan waktu untuk mengontrol kegiatan anak. d)
Mengontrol tayangan televisi yang ditonton anak. e) Menjaga pergaulan Anak.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi) 112016094 Din P
112016094
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112016094 Din P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan.., 2016
Deskripsi Fisik
108 hlm,21x29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI 2016
Info Detail Spesifik
94
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?