Text
PERANAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MORALITAS SISWA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH ISLAMIYAH LARANGAN LUAR KEC. LARANGAN KAB. PAMEKASAN
Moh. Choiril Anam, 2016, Peranan Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan
Moralitas Siswa Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Islamiyah
Larangan luar Kec. Larangan Kab. Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Peranan Guru Aqidah Akhlak, Meningkatkan Moralitas Siswa Di
Madrasah Diniyah
Peranan Guru Aqidah Akhlak merupakan seorangb pendidik yang bertugas
untuk mencerdaskan kehidupan anak didik dalam menyampaikan ajaran baik
buruknya perbuatan dan kelakuan, (akhlak, kewajiban, dsb) dan selalu
berhubungan dengan manusia sebagai individu dan manusia sebagai anggota
masyarakat.
Disamping itu, meningkatkan moralitas siswa di Madrasah Diniyah
merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk
mengenal, memahami, menghayati, dan meningkatkan keimanan peserta didik
yang diwujudkan dalam Akhlaknya yang terpuji.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua fokus yang menjadi
pembahasan dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana Peranan guru Aqidah
Akhlak dalam meningkatkan moralitas siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awwaliyah Islamiyah Larangan luar, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan?, Kedua:
Apa saja kendala peranan guru Aqidah Akhlak dalam meingkatkan moralitas
siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Islamiyah Larangan luar, Kec.
Larangan, Kab. Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, Observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran, Siswa-siswi.
Sedangkan pengecekan kebsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan Pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Peranan guru Aqidah Akhlak
dalam meningkatkan moralitas siswa Di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awwaliyah Islamiyah Larangan luar, Larangan, Pamekasan, dilihat dari kinerja
para guru khususnya guru Aqidah Akhlak dalam melakukan perannya sudah bisa
dikatakan berjalan dengan baik karena para dewan guru sudah benar-benar
berusaha untuk membimbing dan mengayomi para siswanya Yakni dengan cara
membimbing dan memberikan arahan-arahan mengenai masalah Akhlak yang
baik. Kedua, Kendala peranan guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan
moralitas siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Islamiyah Larangan
Luar, larangan Pamekasan ialah memiliki sifat atau karakter yang berbeda
sehingga guru Aqidah Akhlak merasa kesulitan dalam membentuk moral siswa
dan kurangnya akan kesadaran para orang tua dalam mendukung anak-anaknya
untuk sekolah, dan ada pula yang tidak memperhatikan gurunya yang sedang
menjelaskan, namun Al-Hamdulillah semua itu sekarang sudah bisa teratasi
bahkan juga bisa dikatakan lebih baik dari pada sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain