PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

MANAJEMEN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI MTS AL-AMIN BRANTA PESISIR

SOFIYANA - Nama Orang;

Sofiyana, 2016, Manajemen Lingkugan Belajar yang Kondusif di MTs Al-Amin
Branta Pesisir, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Dr. Atiqullah, S.Ag. M.pd
Kata kunci: Manajemen, Lingkungan belajar.
Pada awalnya madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berdiri sebagai
penengah antar lembaga pendidikan umun dan pesantren, seiring dengan
perkembangannya lembaga madrasah mulai di kenal, akan tetepi Akan tetapi banyak
anggapan bahwasanya madrasah merupakan lembaga pendidikan islam yang kurang
begitu diminati karena sistem pengelolaanya yang kurang baik dibandingkan dengan
sekolah umum.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian dalam penulisan
skripsi ini, yaitu: pertama, Bagaimana perencanaan madrasah dalam menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif di MTs Al-amin Branta Pesisir?. kedua, Bagaimana
keadaan lingkungan belajar di MTs Al-Amin dalam pelaksanaan pembelajaran yang
kondusif?.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui perencanaan
madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Al-amin
Branta Pesisir. Kedua, untk mengetahui keadaan lingkungan belajar di MTs Al-Amin
dalam pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informannya adalah kepala
Madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data adalah
perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi, dan uraian
rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kegiatan perencanaan dalam
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Al-amin cukup efektif hal ini
dapat diketahui dari proses perencanaanya. Adapun proses perencanaanya meliputi.
hal yang direncanakan berkenaan dengan sarana prasarana dan yang di libatkan di
dalamnya yaitu para guru dan komite sekolah untuk waktu perencanaannya yaitu
sebelum tahun ajaran dimulai. Kedua, bentuk pelaksanaannya dapat diketahui dari
kegiatan pelaksanaannya. Seperti, adanya upaya yang di lakukan oleh Madarah
dengan mengadakan kegiatan menyapu tiap pagi dan menyiapkan perlengkapan
kelas. Kegiatan pelaksanaannya melibatkan guru dan siswa, kendala- kendala yang di
hadapi diantaranya masalah keadaan gedung, pendanaan, keadaan lingkungan dan
pandangan masarakat terhadap pendidikan. Adapun upaya yang dilakukan madrasah


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi) 112016049 Sof M
112016049
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112016049 Sof M
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan.., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI 2016
Info Detail Spesifik
49
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?