PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang

M. Ibnu Ayyubi - Nama Orang;

ABSTRAK
M. Ibnu Ayyubi, 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang? (2) Apa saja faktor yang mendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertamanya seperti kepala madrasah penentu kebijakan, guru-guru dan siswa. Sedangkan data sekundernya adalah data yang dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber pertama seperti berupa dokumen-dokumen yang diperoleh dari Madrasah. Intrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah interview, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama Langkah langkah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang adalah: (1) persiapan maksudnya kegiatan dari seorang guru yang akan menggunakan media pembelajaran lam mengajar Al-Qur’an maka yang dapat dilakukan oleh guru pada langkah persiapan diantaranya: membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran mencantumkan media yang akan digunakan, mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan, menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik. (2) pada saat melakukan proses pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan media pembelajaran guru perlu mempertimbangkan seperti: yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan, jelaskan tujuan yang akan dicapai, jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran Al-Qur’an, hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian, dan ketenangan peserta didik, ketika guru melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an harus menyesuaikan metode yang digunakan. Suatu contoh pada waktu metode yang digunakan adalah metode iqro’ maka guru mengajarkan dengan bacaan terus (tanpa analisa dan dieja) artinya murid tidak diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyah namun murid langsung diperkenalkan dengan bunyi kalimat yang diambil dari ayat Al-Qur’an. (3) untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukannya atau dengan meminta siswa satu-satu membacakan Al-Qur’an. Kedua, Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang datang dari siswa itu sndiri meliputi semangat belajar, kondisi emosi, keyakinan kebiasaan, dan cara memproses stimulus. Sedangkan faktor eksternal, antara lain: lingkungan belajar.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112015005 Ibn P
112015005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112015005 Ibn P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PEMBELAJARAN AL-QUR’AN
SKRIPSI PAI 2015
Info Detail Spesifik
5
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?