PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengembangan Intelegensi Anak Usia Dini Melalui Metode Permainan Edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan

AISYAH GHAZI - Nama Orang;

ABSTRAK

Aisyah Ghazi. 2014, Pengembangan Intelegensi Anak Usia Dini Melalui Metode Permainan Edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Siswanto, M.PdI.

Kata kunci : Intelegensi, Anak Usia Dini dan Metode Permainan Edukatif

Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan? (2) Bagaimana bentuk-bentuk pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan? (3) Faktor apa saja yang menghambat pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan?
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan (3) Untuk mengetahui faktor yang menghambat pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala dan guru TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan tidak hanya hanya terfokus pada metode permainan edukatif, akan tetapi diimbangi dengan bimbingan dan arahan guru, sehingga dapat memberikan perkembangan pada peserta didik yakni berkembangnya kecerdasan intelektual (pengetahuannya didapat), kecerdasan emosionalnya (terjalinnya kerjasama sama diantara sesama murid) dan kecerdasan spritualnya (tata cata pendekatan diri kepada yang maha kuasa juga diterapkan) (2) bentuk-bentuk pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah dilakukan dengan cara pengembangan pembelajaran melalui permainan edukatif yang didasarkan pada standar pengembangan pembelajaran TK, seperti pada kecerdasan intelektual kegiatan pembelajaran, yang didasarkan pada komponen-kompenen yang telah ditentukan yakni akhlak, ilmu pengetahuan, kerajinan tangan, lingkungan, olah raga, kebudayaan dan hubungan masyarakat, kegiatan tersebut berkaitan dengan, kecerdasan intelektual, ayo belajar bersama, kecerdasan emosional (berlatih sabar dan antri, melatih kerja sama), sedangkan kecerdasan spiritual seperti berwudhu’ shalat berjama’ah, dan juga berbaris dan berdo’a (3) Faktor yang menghambat pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan adalah sulitnya peserta didik untuk langsung mengerti, kemandirian belajar kurang, wali murid kurang memberi motivasi kemandirian belajar.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 1120140162 Ais P
1120140162
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120140162 Ais P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2014
METODE PERMAINAN EDUKATIF
Info Detail Spesifik
162
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?