PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual(Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa MTs Al-Qadiry Sentol Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Nurhayati - Nama Orang;

ABSTRAK

Nurhayati, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual(Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa MTs Al-Qadiry Sentol Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, JurusanTarbiyah, Program Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Siswanto, M.Pd.I

Kata Kunci: Model PembelajaranKontekstual(Contextual Teaching and Learning)

Salah satu faktor dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional tersebut tergantung pada tataran praktis dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran menjadis angatpenting bagi pengembangan potensi pesertad idikdalam proses pembelajaran. Guru dituntut untuk senantiasa berinovasi danberkreasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar materi yang disajikan.
Ada tigapermasalahan yang terjadipadakajianpokokdalampenelitianini. (1),Bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada pebelajaran Pendidikan Agama Islam. (2), Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan (3)Apakendala yang dihadapi guru agama dalampenerapan model pembelajaran kontekstual(Contextual Teaching and Learning)dalam pembelajaranPendidikan Agama Islamdi MTs Al-QadirySentolKecamatanPademawuKabupatenPamekasan.
Padapenelitianini, penelitimenggunakanpendekatankualitatif.Pendekatankualitatifsepertiinimerupakanprosedurpenelitian yang menghasilkan data diskriptifberupa kata-kata tertulisataulisandari orang danperilaku yang dapatdiamati.Untukjenispenelitiannyaadalahdeskriptifdanprosedurpengumpulandatanyameleluiwawancara, observasidandokumentasi.Sedangkananalisis data yang digunakanadalahtranskipwawancara, adapunpengecekankeabsahan data melaluiketekunanpengamatan, perpanjangankeikutsertaandantriangulasi.
Hasilpenelitianmenyatakanbahwa (1) Pelaksanaanpembelajaran yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam selalumenyajikanmateri yang dikembangkanoleh guru.Penerapan model pembelajarankontekstualdalampembelajaranPendidikan Agama Islam tersebutterjadikarena,(a). Guru memulaidarikegiatanawal, intidankegiatanakhirpembelajarandenganlangkah-langkah yang benar, (b). Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan model pembelajarankontekstualuntukmembangunsinergisiswa, (c). Guru melaksanakanprinsip-prinsippembelajarankontekstualdenganbaik. Proses pelaksanaanpembelajarandilaksanakandengansungguh-sungguhdenganteknikpresentasi yang prima. Kegiatanbelajarsiswalebihantusias, sehinggamateri ajar lebihmudahdiserapsiswa.(2) SistempembelajarankontekstualmemperolehresponpositifdarisiswapadaPendidikan Agama Islamkarenasangatmendukungdanmembantusiswadalam proses pembelajaran, denganadanyasistempembelajarankontekstualsepertiinisiswadapatmeningkatkanmotivasibelajarnyasehinggabanyakjugasiswa yang yanglebihgiatdansemangatuntukmeraihprestasi-prestasi yang akanmerekadapat.(3) Kendalayang dihadapidalampenerapanpembelajarankontekstualpadaPendidikan Agama Islam adalahberdasarkanKenyataan yang adadilapangan, kurangnyasaranadanprasarana yang memadaidan media pembelajaran yang terbatasmembuat guru yang mengajarsangatmembutuhkaninovasi.dalammenyampaikanmateri.
Berdasarkanhasilpenelitiandiatasperluadanyaevaluasidanpembenahanterhadapkendala-kendala yang dihadapisehingga proses pembelajarandapatterlaksanadenganbaikdantujuanpendidikandapattercapaidengansempurna.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 1120140139 Nur P
1120140139
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120140139 Nur P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2014
CTL
Info Detail Spesifik
139
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?