PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Pengembangan Pendidikan Disiplin Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3

HOLILAH - Nama Orang;


ABSTRAK
Holilah, 2014, Strategi Pengembangan Pendidikan Disiplin Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3, Skripsi, Program Studi PAI , Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Hor Hasan, M.Ag.

Kata Kunci; Strategi Pengembangan, Pendidikan Disiplin

Pendidikan yang dijadikan salah satu alat untuk benar-benar membentuk pribadi manusia yang berkomitmen dan konsisten sangatlah perlu dimasuki tentang pengetahuan yang ditekankan kepada bentuk perilaku kedisiplinan, karena dengan disiplin maka manusia (anak) akan dengan mudah mencapai cita-cita dan prestasi yang tinggi baik dalam segala hal, dari sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya. Bahkan kedisiplinan sangatlah perlu dan butuh ditanamkan disetiap pribadi manusia sejak dini. Apalagi disiplin merupakan kepatuhan dan ketaatan terhadap semua aturan dan tatanan yang dijunjung tinggi.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah-masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaiamana model pengembangan pendidikan kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3; kedua, bagaimana aplikasi pendidikan disiplin di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3; ketiga. apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan disiplin di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kancah atau lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan adalah kepala sekolah, guru, BK/BP, siswa, dan orang tua/wali murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, model pengembangan pendidikan disiplin di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3 ini telah terangkum dalam buku saku tata tertib siswa yaitu ada 3 (tiga), diantaranya; sikap/perilaku, kerajinan/keaktifan, dan kerapian; Kedua, aplikasi pendidikan disiplin dengan sistem point (bobot). Sebagaimana yang terangkum dalam buku saku yang harus dibawa setiap hari oleh siswa. Berikut tahapan-tahapan aplikasinya: a. Pembinaan bagi yang melanggar: 1) Peringatan lisan, 2) Peringatan tertulis sampai 3 kali yang diketahui oleh wali kelas, kepala sekolah, 3) Pemanggilan orang tua, 4) Tidak naik kelas, tidak lulus, atau dikembalikan kepada orang tua dalam beberap hari atau selamanya. b. Pembinaan dengan keagamaan, melibatkan Tentara, dan pengontrolan; Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan pendidikan disiplin di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sumber Bungur Pamekasan 3, sehingga berkembang lebih baik, diantaranya; kerja sama pengelola (kebersamaan), kesadaran dari masing-masing, orang tua, masyarakat, administrasi (buku saku siswa), dari sistem guru mempoint, pantauan setiap hari. Sedangkan beberapa faktor yang menghambat dalam pelaksanaannya sebagai berikut; sedikit perpedaan pada guru dalam memberi point, latar belakang siswa, lingkungan, jangkauan transportasi, cuaca, geografis, kurangnya kesadaran dari sebagian siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112014058 Hol S
112014058
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112014058 Hol S
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2014
Pendidikan Disiplin
Info Detail Spesifik
58
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?